Tentang Nasution.web.id

Pertama sekali tidak lupa saya mengucapkan puji syukur yang sedalam dalamnya kepada Allah SWT, atas rahmat dan karunianya situs ini dapat diselesaikan. Begitu juga Shalawat dan Salam kejunjungan Nabi besar Muhammad Saw, yang kita harapkan syafa’atnya di hari kiamat kelak.
nasution.web.id hadir dihadapan anda masih dalam tahap pengembangan dan masih banyak kekurangan. Untuk itu nasution.web.id sangat mengharapkan masukan dan kritik yang membangun dari dongan-dongan sasudena untuk kemajuan website ini.

  1. Ucok
    December 27, 2007 at 5:05 pm

    Wah dan saya cek tuh url dah di suspend soalnya pakei domain gratisan ya kemaren .web.id | .or.id memang mau buat situs tentang apa? maksudnya konsep situsnya bagaimana statis atau dinamis atau pake konsep v2.0. Asik juga klo ada situs marga nich apalagi marga Nasution kekekek…..

  2. aes
    March 12, 2008 at 8:21 am

    Assalamu alaikum. Horas mada tu lae. Mudah-mudahan website on marmanfaat tu hita sasudena.

  3. Zulfikar Akbar Nasution
    April 12, 2009 at 2:54 am

    Assalamu’alaikum, saya senang dengan makin banyaknya kepedulian orang Mandailing yang mempunyai pemikiran terbuka, saya harap dengan
    makin majunya perkembangan teknologi maka makin terbuka pula pemikiran kita untuk kedepannya, Amin.
    Salam Kenal.

  4. NASUTION.A.H.K.
    June 19, 2009 at 4:03 pm

    Wah…
    Saya salut dengan anda!
    Tapi info nya dibuat dengan lengkap ya!
    Apa lagi ada khusus buat marga NASUTION.

  5. Ais NASUTION.
    June 19, 2009 at 4:06 pm

    Buat cakupan yang lebih gede donk.
    PERSADAAN NASUTION tingkat nasional.

  6. khoir nasution
    July 1, 2009 at 11:23 pm

    assalam, semua…
    kami sangat tertarik pembahasan tentang marga nasution ini, namun disana sini masih banyak simpang siur dalam mengutarakan pendapatnya masing2. oyaa… kami sangat mengharapkan sejarah yang paling dapat diterima dari segi logika (masuk Akal) dan tidak bertentangan dengan sejarah yang ada. namun disini sementara kami berpendapat bahwa Nasution itu tidak termasuk dalam keturunan silsilah si raja batak. oleh karena nasution itu sendiri mempunyai banyak lagi cabang2nya, mulai nasution borotan, jior, jambu dll. sehingga satu2nya marga di tanah batak yang membolehkan kawin sesama marga sependek pengetahuan kami hanya Nasution. karna adanya cabang2 atau perbedaan2 itu tadi walaupun masih dalam satu marga. salam.

    oyaa menurut saya cakupan nasution itu sudah sepatutnya INTERNASIONAL, mengingat banyaknya saudara2 yang bermarga nasution mempunyai pengaruh di negara2 lain. seperti di Malaysia, Brunai, Arab Saudi, Mesir, dan negara2 eurofa.

    salam dari kami di negeri orang.

    H.Khoiruddin bin Muhammad Yusuf Nasution, Lc.

    • iskandar s.nasution
      August 25, 2009 at 8:50 pm

      saya mau tanya apa sdr tau maksud dp nasution jambu,lancat,borotan at lainnya itu,,,,klo boleh bila ada tarombo nasution jambu at lainnya ,mohon di posting ke mail saya at di kolom ini,mail saya iskandar_setya@yahoo.com,,,,,,,please…

  7. Iskandar.S.Nasution
    August 17, 2009 at 7:59 pm

    saya jadi heran melihat perkembangan silsilah nasution belakangan ini….adanya nama siaroar/st.diaru..yg di tonjolkan dari sejak jaman willem iskandar…..s/d para pemuka adat at penulis sejarah mandailing,seolah2 semua marga nasution harus bernasab kpd sibaroar.sdgkan klo tdk berarti dinasutionkan at mengaku2 nasution….menurut dr tarombo yg saya pernah lihat…nasution itu bermula dari yg bernama Baginda Raja Sakti yg mempunyai anak 1.Batara Sinomba(keturunannya mengklaim kan diri menjadi suku melayu) dan 2.Batara Guru,nah Batara Guru inilah yang keturunan nya di klaim sb marga nasution…Batara Guru mempunyai anak 4 orang……Sutan Diaru/Sibaroar adalah anak ke 4(terakhir)……Apakah keturunan dari saudara/abang sibaroar yg 3 lagi bkn nasution? Apakah semua marga nasution itu wajib keturunan sibaroar….sdgkan istilah Na sakti on itu bermula dari nama Baginda Raja Sakti yg ditabalkan menjadi Raja I di Penyabungan (adalah Batara Guru)….Dan memang yg menjadi Raja di mandailing godang I adalah Sutan diaru? Apakah Yang dipertuan uta siantar lantas menjadi nara sumber garis nasution…..hemat saya tdk lah demikian…….keberadaan Baginda Raja sakti itu menjadi polemik..apakah dia berasal dari pagaruyung at anak tuan pangerlam dari klan marga siahaan(yg mana nasution itu disebut sbg Ompu Raja Hasaktion)? perlu pendalaman,tiadalah nasution jambu at borotan at lainnya menjdi bukan nasution asli,,,,,,dg dalil bkn keturunan st.diaru……mohon kiranya saudara2 ku bermarga nasution untuk meneliti kembali silsilah yg sebenarnya……uraian saya td mohon di tanggapi dg masukan at kritik…..wassallam.

  8. Mahmud sofyan nasution
    September 10, 2009 at 3:48 pm

    Saudaraku, terima kasih atas upayanya utk membuat web ini dengan harapan seluruh marga nasution diseluruh jagat ini bisa saling tukar informasi, sering dan yang tidak kalah pentingnya untuk memper erat tali silaturahmi.
    Horas,

    • nasaktion
      September 10, 2009 at 5:04 pm

      Terima kasih bang atas tanggapan positifnya terhadap keberadaan situs ini/blog ini. Mudah2an kedepannya bisa lebih baik dan lebih informatif lagi atas dukungan kita semua.

    • rudi nst
      October 31, 2012 at 5:41 pm

      saya l…nst… uyut saya datuk sakti..dari pagaruyung.. kata bunda kita

  9. izad nasution
    October 22, 2009 at 3:24 pm

    hai salam kenal my familiy nasutions,saya baru bergabung disini,saya mau minta tolong kebetulan uyut saya pernah merantau ke malaysia dan tidak kembali lagi pada zaman belanda dan terputus hub garis keturunan kami sampai sekarang.nama uyut saya Raja hidayat nasutiondan Raja akup nasution pada jaman paderi mereka hijrah ke malaysia.sebulan yang lalu saya berangkat ke malaysia tepatnya di Batu Gajah Perak kata famili saya yang pernah kesana katanya uyut saya dikuburkan disana.saya kesana dan menemukanya kuburannya akan tetapi saya tidak menemukan keturunanya yang disana,dari situs ini saya menginfokan apabila uyut saya dimalaysia mempunyai keturunanya untuk bisa menghubungi saya karena saya mau tau keturunan uyut saya yang ada di malaysia untuk mempererat silahturahmi, mohon infonya,.n

    • ISN
      January 9, 2010 at 6:03 pm

      apa ada kaitan dg tarombo tuanku raja laut dari maga

    • harith nasutiun
      April 21, 2010 at 9:59 pm

      assalamualaikum..

      saya dari keluarga yg berada di Perak M’sia..
      kami skrg menetap di kelantan..
      kalau ada pertanyaan sila lah telefon saya..
      terima kasih.

    • amirul
      July 27, 2010 at 3:23 pm

      salam.. saya juga ingin mencari saudara nasution di sumatera. moyang saya berhijrah ke Kuala Dipang, Perak. Tidak jauh dari Batu gajah, perak. pada sekitar tahun 1800++. mereka berhijrah kesini berdua sahaja (adik beradik) iaitu Osman bin Abbas Nasution dan Jaafar bin Abbas Nasution.

  10. hanriani nasution
    December 1, 2009 at 4:42 pm

    salam…

    saya juga marga nasution, saya lahir di Malaysia, tapi saya tidak mengetahui apa sebenarnya maksud dan salasilah
    nama saya, mohon info yang detail

  11. hanriani nasution
    December 1, 2009 at 4:42 pm

    saya juga marga nasution

  12. Mahmun Syarif Nasution
    December 5, 2009 at 9:59 pm

    Horas…….!. Saya juga pingin bergabung. Saya keturunan Nasution dari Sutan Kumala Bulan dari Roburan Lombang. Sutan Kumala Bulan adalah Raja/Namora yang membuka “huta” Roburan Lombang. Menurut Cerita orang tua Sutan Kumala Bulan berasan dari keturunan Raja Piu Delhi (Pidoli) Keturunan ke VI dari Sibaroar Nasakti.
    Pengetahuan kita tentang tarombo memang masih sedikit, khususnya tentang marga Nasution. Tapi saya pernah membaca bahwa nama “Mandailing” sebagai suatu daerah telah tertulis di kitab sejarah terkenal Empu Tantular yang bernama Sutasoma pada Abad X-XI. Patih Gajah Mada juga pernah menyerang Mandaing (waktu itu wilayahnya sampai ke daerah Padang Lawas). Candi Bahal di Portibi dan peninggaan Candi Hindu di Piu Delhi (Pidoli) di Saba Biaro (Biara) merupakan bukti sejarah peradaban Mandailing. Nama Toba sendiri belum dikenal pada abad ke X dan XII (Jangan pernah merasa bahwa suku mandailing asli berasal dari Toba).
    Mengapa Marga nasution itu banyak diberi nama dengan Iskandar, seperti halnya Willem Iskandar yang terkenal itu, barangkali benar bahwa Sibaroar Nasakti sebenarnya lahir dari perkawinan tidak resmi (jangan katakan “zina” karena waktu itu nenek moyang kita itu belum Islam) antara Putri Bulan boru dari Sutan Pulungan Huta Bargot dengan Iskandar yang berasal dari Kerajaan Pagaruyung Kuno dan kalau dinisbahkan lagi berasal dari Palembang.
    Terimakasih, mauliate…… Horas Mandailing (Mohon Kahanggi Nasution memperbaiki mungkin banyak salahnya)

    • ISN
      January 9, 2010 at 6:01 pm

      klo tdk salah sutan kumala bulan(roburan lombang) anak dp Mgr.Mandailing(pidoli dolok),

  13. muhammad afifuddin nasution
    December 21, 2009 at 1:43 am

    assalamualaikum……………………………….
    horas kahang..sukses slalu……

  14. Damar ulan nasution
    January 20, 2010 at 9:19 am

    Ass.. Sya pengen tau silsilah yg bner nasution itu sbnerny gmana? Trus nenek moyang kt pertama yg bermarga nasution dari mana dan namany siapa? Tolong diperjelas buat sy yg blm tau tentang silsilah kita marga nasution ini.

  15. adi fabregas
    January 30, 2010 at 1:48 am

    asw..ass…horas……ok lah kalau begitu…

  16. March 28, 2010 at 5:03 pm

    Aslmkm,.,..Slm sejhtera bahagia sht sentosa….@
    Senng sekali apabila web ini ada pembahasan tentang nama “NASUTION”semoga akan lebih jelas tentang silsilahnya…?@

  17. thamrin.nasution
    April 17, 2010 at 10:08 pm

    silsilah sejarah marga nasution yg sebenarnya belum jelas atau kurang diperinci!!!!!!!!

    • david nasution seorang taruna
      December 23, 2011 at 10:16 am

      silsilah asli nya ada dimana,apabila ada tolong di copi kan ke email saya davidnasution@ymail.com

  18. thamrin.nasution
    April 17, 2010 at 10:14 pm

    kami mengharapkan bagi yg mengetahui sejarah nya atau terombonya terperinci,atau diceritakan secara mendetail utk diceritakan,bagi dongan-dongan na bermarga nasution agar yg mengetahui secara pasti,sejarah atau nterombonya agar menceritakan secara jelas dan pasti agar bisa menjadi pedomanuntuk kita semua yang bermarga nasution yang ada dimana-mana

  19. nur khalidah nasution
    May 14, 2010 at 1:26 pm

    to ISN….
    adakah sama sutan kumala bulan dengan patuan kumala mandailing..??
    jika sama,didalam tarombo simpanan saya,patuan kumala mandailing anak kpada mangaradja sotiangsa..bukan magaradja mandailing(pidoli dolok)

  20. adi
    June 25, 2010 at 10:51 pm

    saya juga bermarga nasution

  21. adi
    June 25, 2010 at 10:54 pm

    saya juga nasution tapi menurut tarombo yang ada saya bukan keturunan sibaroar tapi berasal dari paya alas desa huta holbung pindah ke padang garugur dan pindah lagi ke kotanopan dan dari kotanopan menyebar

  22. jamaluddin ZA nasution
    August 28, 2010 at 3:32 pm

    assalamu alaikum wr. Wb
    bagaimana caranya bisa bergabung dgn parsadaan nasution dan kapan kumpul2nya di jakarta ……??? mohon infonya………….thx

  23. September 30, 2010 at 4:23 pm

    assalamu ‘alaikum wr.wb

    horas tusasudena dongan2 marga nasution!
    saya bersyukur web ini ada untuk seterusnya saling bersilaturahmi dintara kita yang bermarga nasution. semoga parsadaan nasution makin maju kedepannya. saya kurang tahu tentang informasi parsadaan ini , mohon terus informasinya tentang nasution dan mandailing…. thanks for all

  24. AMIR HAMZAH NASUTION
    November 19, 2010 at 3:57 pm

    SAYA AMIR HAMZAH NASUTION BERGELAR RAJ TUA MUDA KE 16 LAM KENAL AJA PADA PARA KERAJAAN NASUTION.

  25. devi julia lestari nst
    February 5, 2011 at 11:51 am

    horas………
    bwt nasution tetep brjaya…

  26. February 5, 2011 at 12:03 pm

    horas………..
    saya kturunan dari nasution.
    smoga nasution tetap berjaya n sukses slalu………..
    jaya nasution

  27. A.T.Nasution
    February 20, 2011 at 9:15 pm

    saya ada tarombo marga nasution kalau ada yg berminat hubungisaya di 081384201329 nanti saya copykan

  28. m. khoiril hanafiah nasution
    February 25, 2011 at 3:58 pm

    assalamu alaikum wr. Wb
    sya hanafi.
    sya sngat menikmati bacaan** tentang sejarah/asal mula nasution, sya jd tahu bhwa asal mulanya nasution dan tentang semua tarombo** mandailing.
    sya ingn thu bagaimana caranya bisa bergabung dgn parsadaan nasution(FB) dan kapan kumpul2nya di medan ……??? mohon infonya…

  29. Andri Noverian Nasution
    May 23, 2011 at 9:02 pm

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    sy merupaka marga nasution dan ingin mengetahui tarombo/ silsilah nasution….mohon info nya atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

  30. Rahmat.s.Nst
    June 27, 2011 at 1:43 am

    Assalamua’alaikum warohmatullohi wabarokatuh…….Salam Dari Nasution Hutasiantar………..
    Bang kalo ada Silsilah (Tarambo).Nasution Borotan….tolong kirim ke ucox_nasution@ymail.com………..saya sangat butuh …tolong……abang-abang sasudena…..

  31. July 19, 2011 at 5:23 pm

    saya blh minta silsilah marga nasution..

  32. nizam
    October 19, 2011 at 9:24 am

    Assalamualaikum,Horas,
    Saya nizam dr kelang,ingin berterimakasih kerana kita semua
    mpertahankan Marga nasution,
    boleh saya tahu dimana boleh kita dapatkan terombo
    besar keluarga nasution,kerana keluarga kami
    telah berjaya mengumpulkan marga kami di perak
    anggaran lebih dr 2ribu org..
    kalo boleh kami ingin bergabung didalam terombo besar
    marga kita

    • Syahrulnst
      September 16, 2012 at 6:22 pm

      Salam,saya di subang

    • February 24, 2013 at 11:49 am

      Assalamualaikum…
      Alhamdulillah syukur kehadrat illahi.
      Saya amat gembira mendengar berita ini dan buat pengetahuan anda terdapat saudara mara saya di Kepayang Fair park,berhadapan stadium perak.
      Moyang saya bernama Kamat dan adik nya bernama Dukut. Datok saya bernama Sulaiman bin Kamat bin Mahrojo/Mahrajo.
      Jika tidak keberatan dapat kira nya dterangkan tempat di perak dimana saudara anda berada.
      Bapa saudara saya berada di Klang bernama Mohd Sohor bin Sulaiman manakala ayah saya bernama Lot bin Sulaiman.
      Saya skrg tggal di bkt beruntung rawang.
      Harap dpt hububgi saya.
      T.kaseh,
      Wassalam dan selamat berjaya kpd seluruh keturunan NASUTION.
      Amin,
      Mohd Tajuddin bin Lot bin Sulaiman bin Kamat Nasution.
      Hp..012-6816122.

  33. HASNIAH NASUTION
    October 24, 2011 at 10:11 am

    HORAS ! SAYA 5U MINTA TEROMBOL

  34. david nasution seorang taruna
    December 23, 2011 at 10:12 am

    aslmuaikum

    saya david kumala ranta nasution yang brda di palembang tolong lah kami sesepuh adat di rumah adat godang jmput kmi di palembang

    di krna kan saya tidak ada uang mau ke rumah adat godang,jdi sya ingin memberi tahu kan kepada keluarga besar di rmah adat godang jemput kami di sini ..
    alamatnya ini..
    jalan Di panjaitan Lorong kramat Rt 23 Rw 08 Nomor rumah 23 kami ingin sekali ke rumah adat godang …

    di beritahukan kepada semua orang batak yang membaca nya tolong smpai kan pesan saya ke ahli sesepuh adat Rumah godang

    • David kumala ranta nasution
      December 23, 2011 at 10:22 am

      saya ini adlah keturunan yang ke 13
      buku silsilah saya hanya terdapat dari keturunan 10 sampai ke 13
      yang ke 10 adalah bernma Reso nasution
      yang ke 11 adalah bernama Rusli REso nasution
      yang ke !2 adalah bernama Fuad irawan nasution
      yang ke 13 adalah bernama David kumala ranta nasution
      jdi saya ingin mencri silsilah yg blum ada,dri yang ke turunan pertma smpai ke yang ke 9….

      tolong siapa yang ada berbagi yah

  35. December 23, 2011 at 10:25 am

    sesama keturuna batak sling kasih tau informasi yah

  36. Ramadanis Nasution
    January 16, 2012 at 1:20 am

    Siip juga ya ada web. khusus Nasution … salam kenal saudaraku semarga

  37. Pangeran Nasuhaa
    February 23, 2012 at 8:24 pm

    sy ingin mohon jasa baik jika sesiapa tahu asal usul bapa moyang sy MALIM MAMAT NASUTION asal dari PADANG LAWAS BARUMUN

  38. Budi Jockers Nasti
    March 21, 2012 at 6:57 pm

    assalamu’alaikum warohmahh..

  39. syarif hidayat nst
    April 20, 2012 at 2:56 am

    tak da tu mandailing-nasution..
    lemot …kurang rasa persaudaraN.siapa lu siapa guwa.kalo aku kaya atau terpandang barulah sodara…pastinya begitu…salahnya dulu dri kecil sampai ijazahpun diberi almarhum nama diblkang nasution(nst).apalah artinya pake marga…tapi kalo rasa persaudaraan semarga masih menjadi ketebelece.

  40. Syahrulnst
    September 16, 2012 at 6:11 pm

    Tarimo kasi.teruskan…

  41. Syahrulnst
    September 16, 2012 at 6:15 pm

    Tarimokasi

  42. October 19, 2012 at 3:04 pm

    Kadang banyak orang kecewa karena mentang mentang semarga tidak saling membantu , wah itu wajarlah karena semarga pun yang namanya Marga itukan satu keluarga bukan berarti se keturunan atau Clan . tetapi pandai pandailah menghadapi kawan semarga kita agar persaudaraan tetap langgeng .

  43. wandi nasution
    November 7, 2012 at 7:24 pm

    HORAS ma di hita saluhut na…….,
    hamu akka dongan tubu ku, attong takkas ma bege hamu da,asa unang gabe rundut ima tarombo ni oppung ta NASAKTION I(NASUTION),molo taringot ni marga nasution ai siahaan do i ima tubu ni oppung tuan pangerlam,bereng hamu ma asa hu surat silsilah na.

    SOMBA DEBATA
    br lubis

    RAJA ITANO TUAN PARLUHUTAN
    4 tunas na: 3 tunasna:
    marhite ombun(aek bolon) namora tano(lumban gorat)
    raja hinalang (hinalang) tuan pangerlam(meat tarabunga)
    juara monang (sibuttuon) tuan mauli (paindoan)
    tuan pangorian(balige)

    jadi anak nya tuan parluhutan yg namanya tuan pangerlam punya anak lagi

    TUAN PANGERLAM (meat tarabunga)anak nya yaitu:
    oppung nasaktion
    guru nia pohan
    oppung porjaksa
    jadi nasution itu anak nya siahaan,makanya jangan bingung lagi,ini lh yg asli nya TAROMBO NASUTION,jadi adek nya nasution yaitu:simanjuntak,huta gaol.pohan.

    mauliate…..

    by.WANDI NASUTION

  44. annisa nasution
    December 3, 2012 at 11:24 am

    saya ,juga marga nasution dan keluarga saya semua bisa berbahasa mandailing ,

    • February 24, 2013 at 8:56 am

      Salam pengenalan,
      Syukur pada illahi dpt saya berkenalan dgn marga nasution yg mana keturunan saya ini kebanyakan berada ipoh, perak
      Saya, Mohd Tajuddin anak kpd Lot bin Sulaiman Nasution datok saya dan noyang saya bernama Kamat Nasution yg dikatakan dtg ke malaysia dua beradik sekitar 1800. Adik beliau bernama Dukut Nasution. mana keluarga nereka berada di ipoh.
      Saya mohon keluarga yg mengenali agar dpt menghubungi saya.
      Saya mendapat berita ramai berada du K.L dan Shah Alam juga di Klang.
      Harap daoat berkenalan
      Wadalam,
      Mohd Tajuddin bin Lot bin Sulaiman bun Kamat Nasution.

  45. Marataon Nasution
    February 14, 2013 at 6:03 pm

    Horas di Hitasudena :
    Salam Kenal : Nama saya MARATAON NASUTION sekarang tinggal di tanah Deli Medan, Kampungnya di desa Sinonoan Kecamatan Siabu Mandailing Natal.
    Untuk lebih saling kenal bisa menghubungi :0831 988 99884.

    Horas Tondi Madingin Tor Tondi matogu.

  46. February 24, 2013 at 12:21 pm

    Salam,
    Kpd sesiapa yg tahu alamat/email/ no tel persatuan mandailing nasution di klang / malaysia.
    Harap mendapat kerjasama.
    Wasalam,
    Mohd Tajuddin Nasution.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: