Home > Tabagsel > DPRD Madina Setujui Propinsi Sumatera Tenggara

DPRD Madina Setujui Propinsi Sumatera Tenggara

MedanBisnis – Panyabungan
Rencana pembentukan Propinsi Sumatera Tenggara semakin mendekati kenyataan. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menyetujui pembentukan propinsi baru tersebut melalui rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua Pelaksana As Imran Khaitamy Daulay SH, Rabu (31/12).

Pembentukan Propinsi Sumatera Tenggara itu disetujui setelah seluruh fraksi di DPRD Madina dalam pandangan umumnya. Bahkan, sebagian fraksi meminta agar segala persyaratan administrasi dalam pembentukan propinsi termasuk kepanitian bersama untuk segera disiapkan.
Wakil Bupati Madina Drs Hasim Nasution dihadapan anggota DPRD Madina menungkapkan, lima Kepala Daerah yakni Kabupaten Madina, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kota Padangsidimpuan, Kabupaten Padang Lawas dan Kabupaten Padang Lawas Utara telah sepakat untuk mendeklarasikan dan bersatu dalam satu propinsi yang bernama Propinsi Sumatera Tenggara dan berpisah dari propinsi Sumatera Utara.

“Kesepakatan tertuang dalam prinsif kepentingan bersama demi untuk mensejahterakan seluruh masyarakat di wilayah ini, melihat potensi daerah terutama bidang pertanian, pertambangan, kelautan, perikanan, dan lain-lainnya, bila dikelola dengan baik akan memberikan kontribusi yang baik terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.
Dikatakannya, bila dilihat ketentuan dalam PP Nomor 78 Tahun 2007 tentang tata cara pembentukan, penghapusan dan penggabungan daerah, pada pasal 8 dijelaskan bahwa wilayah kabupaten/kota yang dipersyaratkan untuk pembentukan propinsi adalah paling sedikit 5 kabupaten.

“Pembentukan Propinsi Sumatera Tenggara sudah terpenuhi di samping persyaratan lainnya seperti yang tertuang dalam pasal 14 pada PP Nomor 78 tersebut yakni adanya aspirasi masyarakat,” katanya.
Dalam memenuhi tahapan sebagaimana yang telah diharuskan dalam PP Nomor 78 pihaknya terus melakukan koordinasi dengan lima Kepala Daerah yang menyatakan bergabung dengan Propinsi Sumatera Tenggara, termasuk deklarasi yang baru di laksanakan di Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan.

“Apa yang telah kita laksanakan pada hari ini, yakni paripurna DPRD Madina guna mewujudkan Propinsi Sumatera Tenggara merupakan langkah maju dalam memenuhi persyaratan dan kita sangat yakin persyaratan administrasi pembentukan propinsi ini telah sampai kepada badan legislasi DPR RI dan dapat diajukan pada masa sidang pertama tahun 2009,” katanya.

(Sosial Politik – Jumat, 02-01-2009 )
*zamharir rangkuti”

Categories: Tabagsel
  1. Drh.Manaon Nasution
    March 26, 2009 at 1:50 pm

    Assalamu Alai kum wr wb

    Saya setuju.
    Ontang hamu au
    saya akan ikut secara aktif

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: