Home > Kebudayaan > Tarombo/Silsilah

Tarombo/Silsilah

Satu-satunya data yang dapat dipergunakan untuk menghitung usia marga-marga yang terdapat di Mandailing ialah tarombo kerana ia mencatat setiap generasi sesuatu marga dari nenek moyang masing-masing. Dalam pada itu, jurai keturunan itu terkadang meragukan kerana beberapa tarombo daripada marga tertentu sering berselisih jumlah generasi yang tercatat di dalamnya.

Kalau diperhitungkan berdasarkan tarombo marga Nasution mempunyai 19 sundut atau keturunan, maka dapat ditaksirkan bahwa marga Nasution sudah bertempat di Mandailing selama kira-kira 475 tahun. Perkiraan ini didasarkan pada taksiran 25 tahun untuk satu generasi. Sejak bila marga Nasution mulai berkuasa di Mandailing Godang, tidak dapat dipastikan.

Sementara tarombo marga Lubis mengandungi 22 sundut. Ini menunjukkan bahwa keturunan Namora Pande Bosi telah bertempat tinggal di Mandailing selama kira-kira 550 tahun, yakni sejak abad ke 15 lagi, yakni kalau diperhitungkan 25 tahun satu generasi. Bagaimanapun sejak bila marga Lubis mula berkuasa di Mandailing Julu tidak diketahui dengan pasti.

dikutip dari http://www.mandailing.org

About these ads
Categories: Kebudayaan
  1. January 18, 2008 at 1:06 am | #1

    Lae, menarik sekali. Tarombo.com hingga kini mengusahakan dan menggalang dana untuk mewujudkan obat untuk ‘ketidakpastian’ dunia Tarombo suku Batak yang kita cintai. Silahkan mengungjungi Tarombo.com Horas,
    Ahu

  2. May 10, 2008 at 6:52 am | #2

    Diperlukan dari siapa saja yang punya silsilah / tarombo unuk bergabubg dengan 100 tarombo yang sudah terkumpul. Bagian marga juga ok sebab akan digabubg dengan bagian marga yang lain. Terimakasih

  3. anwar nasution
    November 21, 2008 at 5:43 pm | #3

    pangidoan pula bisa situs blog naon, lebih bersinerhi dohot situs na asing anso momo tarnida alak nabahat.
    bisa manjalin tali silaturahim.

  4. January 3, 2009 at 8:31 am | #4

    Assalamu alaikum wr, wb
    Tu dongan-dongan sasudena, mohon maaf atas ketidak aktifan situs marga nasution belakangan ini berhubung admin sedang berada agak diluar jangkauan. Namun kedepannya akan kita coba untuk lebih aktif lagi demi terjalinnya hubungan erat diantara kita semua khususnya marga nasution.

    Dan terima kasih buat rekan-rekan semua yang telah memberikan tanggapan positif atas keberadaan situs ini.

    Admin juga meminta saran dan kritikan untuk kemajuan situs kita ini.

    Terima kasih
    Bayo Suti

  5. iskandar setya nasution
    August 17, 2009 at 4:11 pm | #5

    tolong kirim dong tarombo nasution ke email saya..iskandar_setya@yahoo.com,

    • ISN
      October 8, 2009 at 5:35 pm | #6

      sekedar ekspos secara subjektif,saya punya teori dan dukungan terombo yg saya miliki,bahwa NASUTION itu bukan langsung berasal dari kata NA SAKTI ON,tapi sebutan warga mandailing yg menyebutkan kelompok/suku/turunan NAI SUANON,maksudnya NAI SUANON lama-lama jadi NA(I)SU(A) TI (N)ON, klo dikaitkan dg sakti,orang tsb belakangan memang menjadi sakti,sehingga disebut sebagai RAJA KESAKTIAN (baru timbul istilah NA SAKTI ON).ttg sebutan SIBAROAR = NABAROAR itu adalah turunan si NA SAKTI ON tadi,karna orang mempertanyakan “siapakah NA BAROAR itu? ” Dikatakan IA adalah turunan si NA SAKTI ON .Ttg istilah SUTAN DI ARU , itu adalah gelar dari salah seorang keturunan(cucu dari si NA BAROAR) yg menjadi Raja di Panyabungan Tonga-Tonga(sebab dia menguasai sebahagian wilayah kerajaan ARU / MANDE HOLING yg telah runtuh karna di serang Raja COLA). Dari pancaran/turunan Sutan Di aru inilah orang-orang ataupun mereka sendiri menyebutkan turunan NA SU TION ,maka menjadilah marga NASUTION .kebanyakan Terombo dimulai dari Sutan Diaru tsb,sbg contoh: SUTAN DIARU mempunyai anak: MANGARAJA ENDA,MANGARAJA LOBI,dst,kemudian MANGARAJA ENDA punya anak SUTAN KUMALA,SUTAN PANJALINAN,dst ,bagaimana sdr2 ,dari turunan YG manakah sdr yg bermarga NASUTION?

  6. ISN
    November 6, 2009 at 5:12 pm | #7

    klo bicara soal sundut sisilah ,jangan memastikan tp harus ada bukti konkrit sundut 19 dr nasution………setau saya turunan dari jalur tertua paling 17 / 18 sundut,itu pun bkn dr versi st diaru ,,,,tp silsilah keturunan abang dp st.diaru (versi nasution jambu),klo versi st diaru(sibaroar) paling dr turunan tertua (jalur turunan mr.somorong) ada sekitar 14/15 sundut………..beri bukti dong jgn ngarang doang

  7. Adnan nasution
    May 4, 2010 at 9:31 am | #8

    ass. wr. wb.

    au marmarga nasution,…… ingin bertanya sesuatu tentang asal muasul lahirnya marga nasution, disini saya membaca dari pendapat2 saudara2 lain dengan buku kamus budaya batak toba, menurut yang saya baca dari buku”Kamus budaya batak toba” karangan M.A Marbun dan I.M.T Hutapea, terbitan Balai Pustaka Jakarta tahun 1987. disitu tertulis, lahirnya marga NASUTION adalah keturunan dari marga POHAN atau SI BAGOT NI POHAN, SI BAGOT NI POHAN anak pertama dari TUAN SORBADIBANUA (NAI SUANON). TUAN SORBADIBANUA putra ketiga dari istri ketiga TUAN SORIMANGARAJA.sedangkan TUAN SORIMANGARAJA Putra Tunggal dari RAJA ISOMBAON, dan RAJA ISOMBAON anak kedua dari RAJA BATAK.
    selain itu NASUTION mempunyai kaka’ yaitu, kaka’ pertama : SIAHAAN, kedua : SIMANJUNTAK, ketiga : HUTAGAOL.
    nah yang saya tanyakan adalah, apakah dari semua itu benar apa tidak,???? solanya saya bigung yang mana yang benar yang mana yang slaha, karna saya juga keingin tahu asal muasal marga saya sendri sebagai marga nasution, dan saya tidak mau ada perdebatan antar marga2 lain. mohon penjelasannya,…………
    dan mohon maaf jika saya salah mempertanyakn hal itu kepa saudara2,….. sekian terima kasih.

    wassalam,………….

  8. June 8, 2010 at 8:18 pm | #9

    Halo marga tarombo, ,
    Saya dari marga nasution dari cucu yg bernama Wan Ahmad Nasution ingin mencari silsilah/pencarian keluarga dari kakek saya Wan Ahmad Nasution, ,
    Saya ingin menanyakan dimana keberadaan adik/kakak dari kakek saya yg mempunyai nama/marga Wan Ahmad Nasution?
    Tolong kalau ada linknya/blognya beritahu saya di email saya Lansmoetz@yahoo.com
    Atat di facebook saya Lansmoetz@yahoo.com
    Terima kasih.

  9. Lan
    September 23, 2010 at 10:31 am | #10

    Salam. Saya dari marga nasution jambu,Ingin mencari keluarga dari nenek/kakek/datok saya Sulaiman yg berasal dari Mandailing. Beliau berhijrah ke Malaysia pada usia 7 tahun ( sekitar tahun 1920an) mengikut bapa saudara Hj.Abdullah.
    Bapa kepada nenek saya adalah Malim Maulana dan datuknya Malim Putih.
    Abang/kakak Hj Muhd Taib(seibu sebapa) dan adik Hjh Mariam(berlainan ibu). Hjh Mariam yang tinggal di Aceh pernah berhubung dengan ibu saya Mariam sebelum meninggal dunia.
    Tolong reply bagi sesiapa yang dapat membantu. Terima kasih.

  10. Edi Nasution
    September 23, 2010 at 5:31 pm | #11

    tampaknya eksistensi marga Nasution cenderung dihubung-hubungankan dengan kata “sakti”, jarang sekali dikaitkan dengan hal-hal lain, kalaupun dikaitkan dengan “kata yang lain”, tetapi ujung-ujungnya selalu dikaitkan dengan kata “sakti” itu juga.

    Menurut prediksi saya, akar kata “Nasution” itu ada tiga yaitu: “na” (yang), “suti” (?), dan “on” (ini). Memang kata “suti”, sepengetahuan saya, belum diketemukan dalam kosa kata Mandailing, baik dalam bahasa sehari-hari (hata somal) maupun tertulis (pustaha/tarombo yang ditulis dengan surat tulak tulak). Tapi tidak pula dipungkiri kenyataan bahwa tidak sedikit kosa kata bahasa Mandailing diserap dari bahasa etnis tetangganya, seperti kata “etek”, “mamak”, “buyung”, dll dari bahaso Minang. Kalau tidak salah, di Minang ada satu “gelar kebangsawanan” yaitu Marah Sati, dan kata “sati” ini pun tidak sedikit orang Mandailing yang menggunakannya sebagai “nama”, sebut saja misalnya Sati Nasution (Willem Iskander), alm. Sati Lubis (ALS), dll. Yang menggunakan kata “Marah” pun tidak sedikit seperti misalnya alm. Marah Husin (ABS), dll. Jadi, kalau bertolak dari pendekatan ini, maka pengertian “Nasution” itu adalah “kaum bangsawan”, dimana kata “sati” berevolusi menjadi “suti”.

    Sangat baik bila ada perpektif lain.
    http://bayosuti.blogspot.com/

  11. Y. S. L. R.
    October 13, 2010 at 3:15 am | #12

    BATAK MANINGGORING

    Assalamoe alaikoem

    Kami yang bertanda tangan dibawah ini:

    1. Radja Mangatas
    2. Soetan Soripada Panoesoenan
    3. Mangaradja Panoesoenan
    4. Soetan Koemala Boelan
    5. Soetan Singa Soro Baringin
    6. Mangardja Panobaoenan
    7. Mangaradja Soetan Solengaon
    8. Mangaradja Goenoeng Sorik Marapi
    9. Soetan Pandapotan
    10. Mangaradja Solompoon
    11. Mangaradja Moeda Panoesoenan
    12. Mangaradja Iskandar Panoeroenan
    13. Soetan Bintang Pandapotan
    14. Patoean Koemala Boelan

    Masing masing radja panoesoenan (kepala koeria) di:

    1. Pakantan Lombang
    2. Pakantan Boeali
    3. Oleoe
    4. Tariang
    5. Monambin
    6. Kota Nopan
    7. Panombangan
    8. Naga
    9. Pidoli Boekit
    10. Kota Siantar
    11. Panjaboengan Djoeloe
    12. Panjaboengan Tonga
    13. Goenoeng Baringin
    14. Gewezen Kepala Koeria di Goenoeng Toea

    Semoeanja dalam lingkungan onderafdeling Groot en Klein Mandailing, Oelo en Pakantan, afdeling Padang Sidempuan, Residentie Tapanoeli, menerangkan dengan sesoenggoehnja bahwa bangsa dari pendoedoek Mandailing itoe ia-lah bangsa “Batak”, sedangkan agamnja sebahagian besar “Islam” dan sebahgian ketjil sekali agama “Christen” ia-itoe dalam koeria Pakantan Lombang, Pakantan Boekit dan Kota Siantar.

    Nama Mandailing itoe boekanlah nama bangsa akan tetapi nama negeri (loehak).

    Demikianlah soepaja terang akan adanja.

    Diperboeat dalam kerapatan radja2 Mandailing di Kajoe Laoet tanggal 18 Agustus 1922.

    Kami jang menerangkan

    tanda tangan

    Surat pernyataan itu dibuat oleh inisiatif raja-raja di Tapsel untuk menyadarkan masyarakat batak mandailing karena adanya kekhawatiran retaknya persaudaraan karena adanya perbedaan agama, sebab Belanda sudah lama berusaha memisahkan orang Tapanuli selatan dengan Utara dan mengadu domba raja2 disana walupun tidak pernah berhasil “devide et impera”.

    Banyak publikasi belanda yang justru mengupayakan pemisahan dokumen-dokumen marga.

    Pemisahan agama, dimana pengaruh agama yang seharusnya tidak dipermasalahkan justru dimanfaatkan oleh Belanda. Terutama karena Belanda menganggap suku batak pada umumnya hanyalah bangsa kelas dua (akibat booming ideologi evolusi darwin di Eropa)

    Belanda mewajibkan bahasa melayu bagi Batak Mandailing, sedangkan Tapanuli Utara dan Karo tidak!

  12. nasser nasution
    January 29, 2011 at 1:47 am | #13

    tu koum dht dongan samarga nasution.
    au jadi bingungdo tarombo ni nasution,adong mandokkon sian keturunan nasaktion adong muse sian sibaroar,jadi tolong majolo pajelas hamu kahangikku namamboto sian diado asal ni nasutioni,au nasution sian sipirok sialagundi mangaratto hami tu angkola jae,tai molo huida silsilah nasution sibaroar inda adong goar ni oppungku mangaraja hasian.tolong jolo kahanggikku molo adong namamboto kirim tu email ku. naser_nasution@yahoo.com. tarimokasih sagodang godangna.

  13. rajamin nasution
    February 22, 2011 at 5:04 pm | #14

    Marga nasution adalah asli dari mandailing bukan dari toba,tidak ada hubungannya dengan marga simanjuntak,siahaan,pohan dll, nasution ya nasution,dia adalah anak dari raja marga pulungan,suatu masa raja pulungan pergi berburu ke daerah toba dan ketemu seorang gadis boru pardosi,meraka kawin dan dibawalah boru pardosi ini ke kampungnya yaitu hutabargot julu,sementara raja pulungan ini sdh punya istri dan anak di huta bargot julu,karena istri pertamanya tdk suka dgn istri kedua raja pulungan di taruhlah meraka di kandang anjing atau disebut sibaroar,lahirlah anak dari istri keduanya raja pulungan namanya sati,kebetulan istri pertama melahirkan juga anak laki-laki,anak dua ini sama besarnya sama mukanya seperti kembar,karena istri pertama dari dulu tdk suka kepada istri keduanya raja pulungan maka istri pertamanya ingin membunuh si baroar,maka disuruhnya ulubalang menggali lobang supaya sibaroar jerumuskan ke lobang itu,ternyata salah orang dikira ulu balang sibaroar yg masuk dalam lobang ternyata anaknya dari istri pertama,disuruh ulubalang mencari sibaroar untuk dibunuh,dengan cepat ibunya sibaroar lari ke panyabungan,disana dia mendirikan satu kerajaan dan marga nasution,asal usul nasution adalah dari hutabargot julu. nasution adalah nasaktion artinya sangat sakti.

  14. March 5, 2011 at 8:19 pm | #15

    au, pahopuni ompung raja namorasution. sian pakantan tatoras. jadi, kalau ada vidio manokok gordang sambilani dohot pakantan, kirim kon jolo ke email au da.
    tarimakasi godang udak,tulang da

  15. June 17, 2011 at 8:42 pm | #16

    buat marga nasution di sini saya ingin gabung .////????????????

  16. June 17, 2011 at 8:46 pm | #17

    disini saya mau brtnyk seprti dnan nasution tentag keturunan marga nya ?????????

  17. February 4, 2012 at 7:37 pm | #18

    Marga Nasution do kawan na markuaso di Mandailing Godang on.

  18. February 23, 2012 at 10:08 pm | #19

    ASAL USUL MARGA RANGKUTI
    http://marga-rangkuti.blogspot.com/
    SEMOGA BERMANFAAT

  19. Harapan Nasution
    March 30, 2012 at 8:07 am | #20

    mana isi postingan saya

  20. harapan nasution
    March 31, 2012 at 12:08 pm | #21

    harapan nasution :
    nasution itu siahaan
    itu jelas.. jangan dipungkiri lagi

    dan ni sangat sangat benar

  21. isma puspita sari nasution
    April 9, 2012 at 11:14 am | #22

    ass….
    blh gbumg kannn……………

  22. N Nasution
    June 5, 2012 at 1:00 am | #23

    ha ha ha ha……….what this is meaning for us in this era? who ever you are, just do something more important in your life, don’t waste your time.
    you know or not is not meaning more in your life. Iam nasution.com

  23. bardansyah nasution
    August 7, 2012 at 10:39 pm | #24

    kok sesama marga nasution berantam…….malu dong sama leluhur kita……..ntar bangkit dari kubur baru tau kamu!!!!!!!!

  1. September 23, 2008 at 3:33 am | #1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: