Home > Sejarah > Marga-Marga Mandailing

Marga-Marga Mandailing

Orang-orang Mandailing mengelompokkan diri mereka dalam beberapa marga, sebagai keturunan daripada seorang tokoh nenek moyang. Masing-masing kelompok marga mempunyai seorang tokoh nenek moyangnya sendiri yang “berlainan asal”. Pendek kata, masyarakat Mandailing merupakan kesatuan beberapa marga yang berlainan asalnya.
 
Silsilah keturunan itu dinamakan tarombo dan sampai sekarang masih banyak disimpan oleh orang-orang Mandailing sebagai warisan turun-temurun yang dipelihara baik-baik. Melalui tarombo, orang-orang Mandailing yang semarga mengetahui asal-usul dan jumlah keturunan mereka sampai ini hari. Melalui jumlah keturunan dapat diperhitungan sudah berapa lama suatu kelompok marga mendiami wilayah Mandailing.

Marga dapat dirumuskan sebagai “kelompok orang yang dari keturunan seorang nenek moyang yang sama, dan garis keturunan itu diperhitungkan melalui bapa atua bersifat patrilineal. Semua anggota marga memakai nama marga yang dipakai/dibubuhkan sesudah nama sendiri, dan nama marga itu menandakan bahwa orang yang menggunakannya mempunyai nenek moyang yang sama. Mungkin tidak dapat diperinci rentetan nama para nenek moyang yang menghubungkan orang-orang semarga dengan nenek moyang mereka, sekian generasi yang lalu, namun ada suatu keyakinan bahwa orang-orang yang menggunakan nama marga yang sama terjalin hubungan darah, dan salah satu pertandanya adalah larangan kahwin bagi wanita dan pria yang mempunyai nama marga yang sama”.

Nama marga-marga yang terdapat di Mandailing pada umumnya tidak muncul serentak. Kebiasaannya nama marga muncul dan mulai dipakai pada keturunan ketiga setelah nenek moyang bersama. Ini mungkin kerana pada generasi ketiga keturunan seorang nenek moyang mulai banyak jumlahnya sehingga mereka mulai memerlukan suatu nama identitas, iaitu nama marga.

Ada yang memperkirakan bahwa di Mandailing terdapat 13 marga. Marga-marga itu ialah :

1. Hasibuan        6. Nasution       10. Matondang
2. Dalimunte      7. Rangkuti       11. Batu Bara
3. Mardia           8. Parinduri      12. Tanjung
4. Pulungan       9. Daulae           13. Lintang
5. Lubis

Lumrahnya setiap marga mempunyai nenek moyang yang sama. Tetapi ada juga sejumlah marga yang berlainan nama tetapi mempunyai nenek moyang yang sama. Misalnya, marga Rangkuti dan Parinduri; Pulungan, Lubis dan Harahap; Daulae Matondang serta Batu Bara. Melalui tarombo atau silsilah keturunan dapat diketahui nenek moyang bersama sesuatu marga. Dan dari jumlah generasi yang tertera dalam tarombo dapat pula diperhitungkan berapa usia suatu marga atau sudah berapa lama suatu marga tinggal di Mandailing.

Dari banyak marga tersebut, terdapat dua marga besar yang berkuasa, yang masing-masing menduduki sebuah wilayah luas yang bulat. Marga itu adalah Nasution di Mandailing Godang dan Lubis di Mandailing Julu.

dikutip dari http://www.mandailing.org

Categories: Sejarah
  1. October 30, 2007 at 6:02 pm

    klo marga ritonga tau gak bang dr kluarga marga apa?
    aku ritonga dari medan & kurang tau soal asal marga2

    • December 7, 2012 at 3:49 pm

      Raja Ritonga namanya Paisang-isang Sihorbangon (ima datutta Nabolon) – Silali Dolok – Toga Siregar – Raja Lontung – Saribu Raja – Guru Tatea Bulan – RAJA BATAK.
      Jadi, klw diurut dari atas ke bawah : RAJA BATAK – Guru Tatea Bulan – Saribu Raja – Raja Lontung – Toga Siregar – Silali Dolok – Ritonga (paisang-isang sihorbangon). Paisang-isang sihorbangon ini lah yang membawa dan merintis marga Ritonga di Daerah Tapsel; (sebenarnya bukan ia yang menamai dirinya Ritonga; tentunya ia membawa marga dari ayahnya, akan tetapi orang-orang disekitarnyalah yang menamai ia Ritonga (lihat sejarah Ritonga).

  2. k.N
    November 6, 2007 at 10:30 am

    Horas

    dari marga-marga diatas, sebagian marga terdapat di daerah Toba yaitu :
    Hasibuan, Lubis, Matondang, dan menurut saya marga yang ada di mandailing sudah banyak yang tidak asli artinya percampuran antara orang Minang (Sumbar) yang merntau ke Mandailing khususnya Kotanopan dan Panyabungan dan mengangkat marga disana menjadi Nasution atau marga yang lain.
    terimakasih.

    • Angku Sutan Mangalobihi
      November 29, 2012 at 5:51 am

      hanya kesamaan nama marga saja…bukan seketurunan… seperti di Toba sendiri banyak marga yang sama tapi juga bukan seketurunan….marga-marga di Mandailing umumnya bukan berasal dari Toba dan tak merasa keturunan dari Toba, sebagai asal..

  3. Junid Saham
    November 15, 2007 at 8:20 pm

    Horas…!saya mahu mengatahui lebih mendalam lagi hal Marga MATONDANG. Boleh saya minta tolong sesiapa yang boleh cerita tentang asal-usul Matondang…Terima kasih saya ucapkan dahulu.

    • August 18, 2012 at 2:38 am

      About Naimarata
      Naimarata merupakan Kumpulan Marga-marga Batak. Berasal dari keturunan Ompu Guru Tatea Bulan. Memiliki 5 keturunan Utama yaitu :
      1. Raja Uti
      2. Saribu Raja
      3. Limbong Mulana
      4. Sagala Raja
      5. Silau Raja

      http://www.facebook.com/naimarataindonesia

      Ini merupakan Face Book Naimarata, yang bertujuan untuk memperkenalkan dan mempererat persaudaraan antar sesama Marga dan Boru Naimarata,khususnya kawula muda-mudi.

      Naimarata merupakan Kumpulan Marga-marga Batak. Berasal dari keturunan Ompu Guru Tatea Bulan. Memiliki 5 keturunan Utama yaitu :

      1. Raja Uti
      2. Saribu Raja
      3. Limbong Mulana
      4. Sagala Raja
      5. Silau Raja

      Beberapa marga yang merupakan keturunan dari Ompu Guru Tatea Bulan dan tidak boleh saling menikahi adalah :

      I. Raja Uti – tidak memiliki keturunan

      II. Saribu Raja :
      1. Pasaribu – Habeahan, Bondar, Gorat
      2. Lubis
      3. Pulungan
      4. Datubara/Batubara
      5. Tinendung
      6. Tangkar
      7. Matondang
      8. Saruksuk
      9. Tarihoran
      10. Parapat
      11. Rangkuti
      12. Sipahutar
      13. Daulay
      14. Tanjung
      15. Rambe
      16. Hutasuhut
      17. Simargolang
      18. Harahap

      III. Limbong Mulana
      1. Limbong
      2. Sihole

      IV. Sagala Raja – Sagala

      V. Silau Raja
      1. Malau
      2. Manik/Damanik
      3. Ambarita
      4. Gurning

      Visi:
      - Sebagai media bagi kaum muda naimarata dalam memelihara kebudayaan Batak
      - Sebagai media pemersatu seluruh keturunan dari marga – marga Naimarata

      Misi:
      - Mempromosikan BATAK KEREN kepada semua orang batak, Naimarata khususnya
      - Membentuk dan mengembangkan budaya kekeluargaan dalam Punguan Naimarata

      ================================
      Facebook Personal Naimarata Akan Segera Full.

      Sekitar 500-an friend request yg masih pending masuk ke dlm akun FB Naimarata Indonesia, namun kami tdk bisa meng-approve krn kebijakan FB yg tidak memperbolehkan melebihi limit 5000 friend.
      Namun teman-teman bisa menggunakan fitur Subcribers ( http://www.facebook.com/Naimarata?sk=subscribers ) agar dpt tetap mendapat info dari kami, atau silahkan jg bergabung di page fans http://www.facebook.com/naimarataindonesia dan juga di group ini http://www.facebook.com/groups/gurutateabulan/

      Terimakasih
      Basic Info
      Interested In Men and Women
      Religious Views All Na Porsea Tu Debata Jahowa
      Political Views Sude Partai Politik
      Contact Info
      Website

      http://naimarata.com

      http://twitter.com/naimarata

      http://www.facebook.com/naimarataindonesia

      Facebook http://facebook.com/Naimarata
      Favorite Quotations
      Marsiamin-aminan songon lappak ni gaol, rangging marsiranggongan songon urat ni bulu, marsitukkol tukkolan songon suhat di robean, molo tungpe dagingta padao dao, tonditai marsigomgoman, jala tongtong ma hita tangiang marsitangiangan

    • August 18, 2012 at 2:40 am

      marga MATONDANG itu masuk punguan NAIMARATA,,,keturunan OMPU GURU TATEA BULAN..

  4. azizitanjung
    March 13, 2008 at 2:59 pm

    marga tanjung…kok ngga ada ipar?
    apa ngga termasuk marga mandailing?

  5. asven
    July 2, 2008 at 1:32 pm

    biado dongan

    • rial
      June 24, 2011 at 10:02 pm

      biado kahang…….

  6. Indra Mulia Nasution
    December 23, 2008 at 3:07 pm

    Alhamdulillah, aku temukan situs ini…

  7. January 5, 2009 at 2:42 pm

    Untuk bg Aziz Tanjung, dalam tulisan tersebut ada tertera marga Tanjung bg. Mungkin kalimat Tanjung nya terlewatkan bacanya. :):)

  8. January 12, 2009 at 12:49 pm

    Horas, Keep it up.

  9. halakpagur
    February 24, 2009 at 5:31 pm

    marga matondang juga ada dari tarutung, dari sibolga, kalau marga lubis termasuk didalamnya : Pasaribu, Manik, Damanik, Malau, Hasibuan : marga hasibuan banyak di daerah tarutung taput termasuk didalam si opat pisoran pomparan ni gurumangaloksa termasuk didalamnya : panggabean, tobing (lb. Tobing) Hutabarat
    kalau marga nasution itu satu keturunan dengan siahaan (siangkangan) simanjuntak (parhorbo pudi parhorbo jolo), Ht. Gaol, kalau marga dalimunte itu adalah masuk parna parna ini adalah kelompok marga yang paling banyak : contohnya munthe dari karo, saragih, ginting dll…
    kalau batu bara itu maruk kategori bor-bor.
    inilah yang saya ketauhui ttg sedikit mengenai marga batak termasuk didalamnya batak mandailing
    trims…

    • Mahmud sofyan nasution
      September 11, 2009 at 3:01 pm

      hallo halak pagur , tarimokasih da….

    • Angku Sutan Mangalobihi
      November 29, 2012 at 6:00 am

      hanya kesamaan nama marga saja, bukan seketurunan, karena bila dilihat dari silsilah berbeda antara marga di Mandailing dan di Batak. Contoh: Lubis di Mandailing tidak merasa berasal dari Toba, dan secara generasi jauh lebih dari tua dari silsilah Si Raja Batak sendiri. Nasution di Mandailing secara umum tidak merasa seketurunan dengan Siahaan (terlebih di Toba sendiri Siahaan ada 3 garis keturunan yang berbeda), karena Nasution di Mandailing jauh lebih tua dari generasi Siahaan sendiri bila dilihat dari ranji silsilah. Jadi marga-marga di Mandailing umumnya tak mau disamakan dengan marga-marga di Batak/Toba, dan tak merasa seketurunan sama sekali alias bukan keturunan Si Raja Batak. Tarimo Kasi.

      • March 30, 2013 at 4:07 am

        iya,karna orang minang bilang kami keturunan orang minang tapi saya tidak yakin sama sekali krn sepengetahuan saya kami dari siahaan yang merantau ke tapsel dan di ubah nama jadi nasution.
        satu lagi org minang!mandailing itu bukan berarti artinya mande nan ilang,lai tau ang?ndak masuak akal rasonyo do,jiwa urang mandailiang tu beda jo urang minang.
        pnasution.

  10. March 14, 2009 at 9:09 pm

    Horas.
    Saya setuju dengan anda

  11. April 30, 2009 at 5:41 am

    Santabi sapulu marsantabi parjolo maradopkon jari-jari na sapulu dohot pa sabolas na ima simanjujung tuadopan ni ompui sibaroar gelar sutan Diaru di Penyabungan Tonga-tonga, antong molo ikupas soal sisilah Marga Nasution jadi onpe porlu i pajojor saotik asal ni turunan Marga Nasution anso ulang simpang siur tu pomparan ta tu ginjang ni ari imada natarlobi tu mora nami dohot anak boru nami “ASALMARGA Nasution .ima SIBAROAR gelar sutan diaru dohot taporan na 12 pomparan jadi pomparan na pa 12 marpinompar 3 jadi nomor 2 marangkat sian panyabungan doho sipatu ni ompu i inganan / marhauma ima di muara ni aek napatontang manyalurusi aek batang gadis mambaen parhaumaan di pagaran / talobu ima di muara ni aek sitaut dohot aek botung

    • ISN
      October 6, 2009 at 11:44 pm

      klo boleh tau aapa sdr ada tarombo nasution,klo ada saya mau bertukar pikiran dg sdr ttg tarombo,ko ada bisa kirim ke mail saya iskandar_setya@yahoo.com

      • nasaktion
        October 14, 2009 at 11:01 am

        kebetulan kita juga masih nyari tarombonya bg, insya allah kalau kita sudah dapatkan kita bisa share di situs ini.

      • October 20, 2009 at 3:26 pm

        Thanks sdr Iskandar atas responnya, seperti saya katakan sebelumnya bhw setahu saya asal kami dari Hutasiantar —>PATUAN BATANGHARI, anaknya BAGINDA …. (meninggal di arse / Sipirok)keturunannya bernama SUTAN PANGURABAHAN (meninggal di Mekkah) kemudian mempunyai anak lagi salah satunya adalah Sech M.Yusuf gelar MANGARAJA GUNUNG (oppung saya), kemudian punya anak lagi diantaranya SUTAN SIMANGANJUR, SUTAN MANDAILING, SUTAN PANDAPOTAN (ayah saya), mudah2an dgn data yg sedikit ini dapat membantu.
        Thanks. Hoooooorrraaaaassssssssssssssss.

      • ISN
        February 18, 2010 at 6:06 pm

        apa ada data siapa nama anak dari pada patuan batang hari dan dan cucu2nya…

    • February 4, 2012 at 10:33 am

      Salam hormat. Syukur alkhamdulillah. Situs on. Mungkin rap hita marsitogu toguan mencerdaskan angka koum2 ta.

  12. Sofiandi Nasution
    June 14, 2009 at 4:12 pm

    Aku lahir dan besar di Medan tapi pada saat di medan aku tidak terlalu peduli tentang asal usul margaku (nasution. Baru setelah aku bekerja dan merantau keluar kota medan aku mulai ingin mencari tahu asal usul margaku ini dan kalau bisa dapat tarombonya Alhamdulillah. Namun hingga saat ini belum dapat referensi yang tepat, mudah2an melalui jalur ini aku bisa mendapatkan penjelasan (jangan lupa tarombonya bang…). Thanks

    • nasaktion
      June 15, 2009 at 11:27 am

      Terima kasih terlebih dahulu untuk commentnya bang. Untuk hal ini memang Admin sedang berupaya untuk mendapatkan stambuk marga Nasution tersebut. Namun sampai saat ini admin belum jg menemukan. Mudah2an rekan2 atau teman2 yg mempunyai stambuk tersebut dapat berbagi dengan kita di situs ini nantinya.

      Thank’s

    • August 18, 2012 at 2:42 am

      kebetulan opung boru ku , marga nasution itu sama dengan marga siahaan,,,,mereka satu keturunan

  13. July 16, 2009 at 8:30 pm

    Assalamu Alaikum. Wr.wb. Heyy. Kita juga Nasaktion. :-) Salam kenal dari kuningan jawa barat, nasution perantauan. Mari mempererat silaturrahmi. Silahkan visit:
    http://wisencare.blogspot.com Ayo tukar2an link.

  14. July 16, 2009 at 8:32 pm

    Assalamu Alaikum. Wr.wb. Salam kenal dari kuningan jawa barat, nasution perantauan. Mari mempererat silaturrahmi. Silahkan visit:
    http://wisencare.blogspot.com Ayo tukar2an link.

    • nasaktion
      July 21, 2009 at 2:15 pm

      Terima kasih atas link nya bg…

  15. hasibuan
    August 17, 2009 at 11:20 pm

    sy duduk di malaysia daripada kecil lagi.
    yg sy tahu nenek moyang sy telah berpindah di malaysia semasa perang paderi.
    sy berketurunan mandailing marga hasibuan dan nama atuk ku abu nawar b. syeikh tuanku ahmad b. syeikh tuanku abdul kassim. ada siapa yg kenal mereka?? lagi yg sy tahu sy berketurunan sultan berumun .

  16. halakpagur
    August 25, 2009 at 10:35 am

    assalamu alaikum…
    horas di hita sasudena
    tu POMPARAN NI SIBAROAR NASAKTION
    Naadong didia sajo bope na diluat naleban
    atope di bona pasogit ta ima di luat mandialing
    godang dohot mandiling julu songoni muse di angkola dohot natal…

    pembaca, dan admin yang terhormat…
    saya ingin mengomentari sedikit ttg marga NASUTION
    dalam blog ini dan mohon maaf kalau ada yg kurang..
    krn penulis masih awam

    MARGA NASUTION adalah termasuk marga yang lama dan marga yang jumlahnya banyak,
    menurut yang saya lihat di tarombo nasution itu ada lima yang saya tau: Nasution Jambu, Borotan,…,….,……
    disebut jambu lantaran tinggalnya di kampung yang
    ada jambu
    dan borotan ini juga masuk nasution, ada sebagian marga borotan yg ga mau pake nasution
    langsung di buat borotan, sampai sekarang ada nama kampung di huta siantar panyabungan nama nya kamppung borotan, sayangnya marga NASUTION ini kurang bersatu akrab antar nasution dengan Nasution jika berda di perntauan, tidak seperti marga yang lain yang mempunyai persatuan (punguan) orang batak toba bilang. kenapa seperti ini..? menurut penilaian penulis Nasution itu sifat ke egoannya agak tinggi merasa paling bisa, merasa paling hebat, sehingga agak susah untuk diatur termasuk penulis sendiri.. he he…
    jadi sran saya kepada pembaca kalau bisa mari kita buat satu web nasution dan setiap marga nasution bisa meregister jati dirinya, alamat, asalnya kampungnya di mandailing(bona pasogitnya)dan kalau dia dapat kirim tarombonya siapa keturunannya (opung2nya) ke atas, nama-nama anaknya kl punya,nama ayahnya. dan di buat nomor keanggotaannya secara otomatis melalui web.. ini saya rasa bisa kita buat
    apalagi dengan jaman teknologi yang sekarang ini sudah canggih.

    terima kasih…

    dari
    Pomparan ni sibaroar NASAKTION..

    nasution asal kata NASAKTION

    • ISN
      November 27, 2009 at 9:19 pm

      setau saya disebut nasution jambu karena bernasab kpd St.Jambu,ada juga nasution marhom jambu…….yg ini bernasab kpd silsilah nasution kota pinang ………klo Borotan bernasab kpd Mgr.Borotan anak St.Mardia

      • September 24, 2012 at 10:24 am

        horas klo marga nasty sama nsty menikahtu ke mna bg
        jangan di abaikan bg ya

    • Wahyu Raorao
      November 29, 2012 at 6:54 am

      wa’alaikum salam, sepertinya ente kurang gaul dengan sesama nasution, di antara marga-marga di Mandailing, nasution adalah marga yang paling terkuat perkumpulannya, yang dikenal sebagai Ikanas (Ikatan Keluarga Nasution). Tapi mungkin saja, ada keselektifan dari setiap marga terhadap keanggotaan marganya, yaitu yang jelas-jelas keturunannya (tarombo)-nya diketahui, bukan asal mengaku bermarga Nasution, karena untuk kesamaan sikap, yang melahirkan kekuatan persaudaraan sejati. Sampai sekarang saja di Mandailing, marga Lubis tak punya perkumpulan, karena bila Lubis berkumpul, maka semua marga di Mandailing pun berkumpul, tapi yang paling kuat di antara Lubis itu adalah Nasution (kini sudah menjadi marga tersendiri, supaya tak membingungkan orang awam) yang dahulu di Sumatera Utara dikenal sebagai LUNAS (Lubis Nasution) yang berasal dari keturunan Raja Pagaruyung (ini sudah diproklamirkan Anwar Nasution, silakan search di Google dengan kunci Anwar Nasution dan Pagaruyung). Makanya di Batusangkar, kita akan temui orang-orang yang bermarga Lubis Nasution (tapi sekarang sudah membagi dua, sebagian tetap memakai Lubis dan sebagian tetap memakai Nasution, untuk tidak membingungkan orang awam, terutama orang Batak yang ingin selalu mem-Batak-kan). Maaf ini bukan untuk diperdebatkan, tapi untuk mengungkap. Bila ada Nasution dari garis keturunan berbeda, silakan membuat perkumpulan marga Nasution-nya sendiri, dan sepertinya tak masalah, kini pun sudah muncul Pemanas (Persatuan Marga Nasution) di FB, memang tak seperti IKANAS yang berpengaruh terhadap suhu politik Indonesia, karena anggotanya keturunan raja-raja (ini bukan untuk keegoan), hanya sekedar mengumpulkan berbagai marga Nasution dimana saja berada. Tapi begitulah di Indonesia, keterkaitan keturunan masih berpengaruh terhadap suhu politik. Orang bisa saja mengaku Nasution, tapi belum tentu berpengaruh dalam politik. Sekarang mengapa anda tak coba masuk ke dalam IKANAS bila anda keturunan Sibaroar, dan anda bisa menunjukkan silsilah anda dan persaudaraan anda dengan anggota IKANAS lainnya, yang juga keturunan Sibaroar gelar Sultan di Aru (Sutan Diaru).

  17. Mahmud sofyan nasution
    September 11, 2009 at 2:58 pm

    Horas…

    Tarimokasih kahanggi, au sangat setuju hita kembangkan torus web on.

  18. NASUTION.M.S
    September 14, 2009 at 1:24 pm

    Horass …….

    Saya sangat senang sekali bisa nimbrung di web ini, karena saya kurang begitu faham mengenai asal usul marga nasution. Oleh sebab itu saya mohon kpd Saudara-saudara ku semua yg mengetahui silsilah / stambok marga Nasution tolonglah di jelaskan melalui milis ini.
    Saya Nasution kata org tua saya dulu berasal dari Huta siantar dan termasuk keturunann dari Patuan Batangari dan seterusnya saya tdk tahu.

    • ISN
      September 22, 2009 at 10:05 pm

      bisa dijabarkan silsilah sdr sampai ke patuan batangari (siapa2 keturunannya),mkn bisa di lacak,klo bisa sampaikan di forum ini at kirim kealamat mail saya iskandar_setya@yahoo.com

      • October 21, 2009 at 12:47 pm

        Thanks sdr Iskandar atas responnya, seperti saya katakan sebelumnya bhw setahu saya asal kami dari Hutasiantar —>PATUAN BATANGHARI, anaknya BAGINDA …. (meninggal di arse / Sipirok)keturunannya bernama SUTAN PANGURABAHAN (meninggal di Mekkah) kemudian mempunyai anak lagi salah satunya adalah Sech M.Yusuf gelar MANGARAJA GUNUNG (oppung saya), kemudian punya anak lagi diantaranya SUTAN SIMANGANJUR, SUTAN MANDAILING, SUTAN PANDAPOTAN (ayah saya), mudah2an dgn data yg sedikit ini dapat membantu.
        Thanks. Hoooooorrraaaaassssssssssssssss.

    • ISN
      December 20, 2009 at 10:09 pm

      klo nama sutan batang hari ada juga disebut dalam terombo silsilah mangaraja pandapotan dr huta siantar……..

    • ISN
      February 18, 2010 at 6:06 pm

      ada data ttg siapa nama anak2 dan cucu2 patuan batang hari….

    • ISN
      February 23, 2010 at 8:34 pm

      patuan batangari itu anaknya siapa saja dan klo boleh cucunya sampai generasi mangaraja gunung…apa ada datanya (mail: setyanst@gmail.com)…

  19. hanifnasution
    October 6, 2009 at 5:11 pm

    saya setuju adanya stambuk nasution. soalnya sy ga tau nasution yg mana. serita org tua saya, opung saya pernah tinggal di hulu sungai bilah Rantau Perapat, org tua saya masih di labuhan batu sementara saya merantau ke pulau jawa. melihat situs ini saya jadi ingin tau sisilah keturunan atau satmbuk nasution.

  20. ISN
    October 8, 2009 at 6:04 pm

    sekedar ekspos secara subjektif,saya punya teori dan dukungan terombo yg saya miliki,bahwa NASUTION itu bukan langsung berasal dari kata NA SAKTI ON,tapi sebutan warga mandailing yg menyebutkan kelompok/suku/turunan NAI SUANON,maksudnya NAI SUANON lama-lama jadi NA(I)SU(A) TI (N)ON, klo dikaitkan dg sakti,orang tsb belakangan memang menjadi sakti,sehingga disebut sebagai RAJA KESAKTIAN (baru timbul istilah NA SAKTI ON).ttg sebutan SIBAROAR = NABAROAR itu adalah turunan si NA SAKTI ON tadi,karna orang mempertanyakan “siapakah NA BAROAR itu? ” Dikatakan IA adalah turunan si NA SAKTI ON .Ttg istilah SUTAN DI ARU , itu adalah gelar dari salah seorang keturunan(cucu dari si NA BAROAR) yg menjadi Raja di Panyabungan Tonga-Tonga(sebab dia menguasai sebahagian wilayah kerajaan ARU / MANDE HOLING yg telah runtuh karna di serang Raja COLA). Dari pancaran/turunan Sutan Di aru inilah orang-orang ataupun mereka sendiri menyebutkan turunan NA SU TION ,maka menjadilah marga NASUTION .kebanyakan Terombo dimulai dari Sutan Diaru tsb,sbg contoh: SUTAN DIARU mempunyai anak: MANGARAJA ENDA,MANGARAJA LOBI,dst,kemudian MANGARAJA ENDA punya anak SUTAN KUMALA,SUTAN PANJALINAN,dst ,bagaimana sdr2 ,dari turunan YG manakah sdr yg bermarga NASUTION?

    • October 20, 2009 at 2:48 pm

      Kalau tidak salah saya pernah dengar kami termasuk turunan SUTAN KUMALA

      • ISN
        November 27, 2009 at 9:14 pm

        silsilah dr mn ? mksd nya jalur keturunan st. kumala yg mana?

  21. Dje
    October 10, 2009 at 9:40 am

    Menarik.. Walo’pun bkn darah batak,,pgen tau byk ttg “Nasution”.

  22. suhan efendi hasibuan
    October 15, 2009 at 11:51 am

    Au Hsibuan dari Bonandolok ( Siabu ) Mandailing
    biado dongan sejarah ni hasibuan di bonan dolok sampe jadi raja do ami di kampung i.

    • October 20, 2009 at 8:07 am

      idiana dei kamu????
      dao dope sisn masojid nai tontang kuburani????

      • nasaktion
        October 20, 2009 at 2:59 pm

        maksudna kuburan tontang masjid nadia bang? au di Muarasoma do au tinggal bang..

  23. October 23, 2009 at 9:49 pm

    tanda ho do si mahmud alhusori nasution??..
    ia anggota polres tembilahan pekan baru????
    anggo inda maralun nasution????
    ima tulangku dohot ompunggku..

  24. ana nasution
    October 27, 2009 at 8:57 am

    horas bang sasudena ……sian au ngon simpang gambir batang natal……

  25. Muhammad Yusuf
    November 1, 2009 at 10:07 am

    Terima kasih, aku bisa ikut bergabung disini, Aku dilahrkan dari Ayah Atas Hasibuan Bin Kalirajo Hasibuan dan Ibu Nur Asiah Nasution, Ayahku dari Ds. Mompang Sibuhuan. Tks.

  26. November 1, 2009 at 1:25 pm

    hai saudara2 orang mandailing…..
    kita jangan mau dikatakan berasal dari toba….
    sebab, sebenarnya suku toba lah keturunan dari mandailing…
    apa buktinya??/….
    -buktinya adalah kehidupan yang lebih lama terdapat di mandailing yang buktinya adalah adanya candi dan patung-patung dewa yang masa itu untuk disembah masyarakat masa dulu di mandailing (tapanuli selatan yang terpisah sekarang menjadi kabupaten padang lawes).
    itulah salah satu kehidupan pertama yang ada di tapanuli…
    berarti orang tobalah keturunan dari mandailing….
    dulu hidup seorang raja dan memiliki anak yang bernama si batak dan sifatnya penampilannya sangat buruk dan jelek maka sang raja mengatakan morot ko sian hutaon…
    lalu si batak pergi ke toba maka disitulah sekarang orang-orang yang kasar bertempat seperti nenek moyang nya..
    memang orang toba pandai merekayasa silsilah sejarah mandailing..

    • August 18, 2012 at 2:54 am

      kalau cuman candi yg ada di mandailing yg menjadi bukti bahwa org toba yg keturunan mandailing itu salah besar, org batak sudah lebih dulu ada dari candi tsb.. semua org batak termasuk tapsel berasal dari pusuk buhit yg ada di danau toba, mereka menyebar ”semua marga yg ada di tapsel asal usul nya dari toba,,,termasuk marga saya batubara . kami berasal dari mandailing natal ,, tapi kami selalu berjiarah ke makam opung raja odang yg merupakan opung kami yg pertama di kampung asli marga batubara di balige, opung raja odang adalah bapak dari opung kami yg pergi ke tapsel bernama opung mata sapiak,, yg seterusnya menurunkan marga2 batubara di tapsel….!!JANGAN LAH KITA MERUSAK PERSAUDARAAN ORG BATAK,, BATAK TOBA DAN BATAK MANDAILING SAMA SAJA SATU KETURUNAN,,,HORASS

  27. aini lubis
    November 3, 2009 at 7:01 pm

    assalamualaikum..horas to homu sasudena…
    au alak mandailing tai lahir i malaysia…
    umak dohot ayahku mangaranto tu kuala lumpur na jolo..
    sannari pe ami tinggal i malaysia…
    umak ku alak simangambat, kecamatan siabu…
    margana pulungan..
    ayahku lubis…lahir i kotanopan…tai i pagodang i huta bargot…imada manurut carito ni umakku…

    giot marsapa au, sian dia do asal usul ni marga lubis, pulungan, dohot siregar…

    sannari pe ami i malaysia on, i daerah selangor on, alhamdulillah, lek sulkot do silaturrahmi nami…
    alhamdulillah, anak2 mandailing na lahir i son pe malo do saro mandailing, tai adong juo na so malo, tai lek mangarti…

    songoni ma jolo, sanga dia na silap bahasa nai, mangido moof ma au parjolo…

    • nasaktion
      November 3, 2009 at 9:13 pm

      Wa alaikumussalam warahma,
      Sonang doma iba mambaca komentar ni kakai marsapa dohot bahasa mandailing. padahal madung lahir di Malaysia do kkai.
      Mungkin manjawab parsapaan ni kakai bisa kk i tu situs namar alamat di : http://www.mandailing.org/ind/kekrabatan-ml.html

      tarsaima jolo da kk, mudah2an bisa mambantu dot rap manamba wawasanta.

      Wassalam,.

    • han
      January 15, 2011 at 7:56 am

      saya di malaysia….keturunan dari raja jatagor dan matagor…

  28. budisyah putra
    November 5, 2009 at 11:21 am

    السلام عليكم
    ah….mntap2…….di web on jadi baht pambotoan niba,memang saonok naon bhat alak bahso mrga mndailing batak toba,padahal marbeda….torus isapai alk snga ngonjia asal n marga niba nga na binoto,slm mudah2n markshatan tu kahanggi,ipar lae….sasudena……….

  29. November 16, 2009 at 8:57 am

    assalamu alaikum…… dongan sasude na, salam kenal, au marga rangkuti, adong do dongan namamboto tarombo ni marga rangkuti, tolong jolo kabari da dongan sasude na

  30. November 19, 2009 at 5:10 pm

    horass…………………………….., semakin lama saya ikuti history NASUTION di Web ini semakin bertambah binging saya jadinya , ada yg mengatakan nasution itu termasuk bagian dari toba, ada yg mengatakan tdk, ada yg mengatakan Nasution itu asalnya sibaroar, ada yg mengatakan dari pagaruyung sumbar, jadi mana yg benar……………….. , tolong dong…….. bagi amang, abang ,amangtua, amanguda semuanya utk memecahkan masalah ini. seperti kita ketahui bhw NASUTION itu adlah marga yg besar, terkenal , dan top ………….. di negara kita yg tercinta ini masak gak ada lagi sesepuh kita yg bisa dijadikan sebagai sumber informasi, apa kata duinia kalo kita tdk tahu asal usul kita yg pasti.
    Terimakasih
    horasssss …

    • December 13, 2011 at 4:26 pm

      ass,,,,, horasss smkn lama saya bukak web ini saya pun jd ikut smkn bingung ni,, mang saya mw tanya siapa2 ya nama marga saudara kta…………. tlng ya amang!!!!!!!!!!!!!!!!
      soal nya saya margaaaa nasution

  31. ISN
    November 27, 2009 at 9:14 pm

    nasution jambu itu artinya nasution yg silsilahnya dari keturunan st.jambu anak dp mgr.ENDA………ada juga dikenal pada masa kolonial belanda di sebutkan juga nasution marhom jambu……….klo yg ini nasution berasal dr silsilah kota pinang………tp klo nasution jambu itu dr panyabungan…….kurang lebih mohon maaf………

    • December 4, 2009 at 9:13 am

      nasution ambeng dari mana????…..

    • ISN
      December 20, 2009 at 10:07 pm

      saya ada dengar nmnya nasution tangga hambeng…..gmn sumbernya saya kurang ngerti..tp ada tarombo tangga bosi……silsilah dr tangga bosi siabu(turunan dp namora patembal)……apa dr situ di angkat kurang tau……….namanya juga tarombo kekebanyakan tdk sempurna(msh banyak kekurangan at kesalahan baik itu sengaja at tdk ),sama2 kita cari tau ……ok

  32. December 21, 2009 at 10:02 pm

    Ass ww. Adong do namamboto silsilah ni Djasabungan sian HutaSiantar namambuka kampung di Huraba-Siabu dohot pomparan ni Sutan Simanganjur. Caritona Huraba i nabolakan sampai do tu Bonandolok, sebelum dilehen tu berena marga Hasibuan yang kemudian menjadi raja di Bonandolok. Mohon tanggapan / koreksi ni koum sasudena untuk meluruskan sejarah on. Trims

  33. December 25, 2009 at 2:38 pm

    Ass.Wr.Wb:
    Saya NASUTION JAMBU menurut cerita yg saya dengar sewaktu saya masih kecil, bhw kami berasal dari Hutasiantar namun siapa namanya saya kurang jelas , karena saya selalu diperantauan utk memenuhi kebutuhan hidup sehingga silsilah / stambukpun saya tidak punya.
    Oleh sebab itu saya sangat mengharapkan bantuan sdr2ku utk memberikan sedikit gambaran asal Nasution jambu yang dari Hutasiantar tsb.
    Terimakasih atas bantuannya.
    Horass.

    • ISN
      February 16, 2010 at 9:02 pm

      sdr MS..add ya FB saya setyanst@gmail.com…mkn kita bisa sharing informasi ttg data tarombo huraba…

  34. December 28, 2009 at 2:21 pm

    Ass.Wr.Wb:

    Sdr. Benhur77, dulu saya pernah dengar nama Djasabungan yang pernah datang ke Huraba-Siabu dan keturunannya sekarang di Huraba-Siabu menyebutkan nama bahwa mereka turunan marga Nasution Tanagodang.

    Akan tetapi setahu saya yang membuka kampung Huraba-Siabu bukanlah Djasabungan, melainkan adalah PATUAN BATANGARI yg mempunyai anak bernama MANGARAJA GUNUNG.
    Mangaraja Gunung ini mempunyai anak 4 yaitu:
    1. Sutan Mandailing —-> Raja di Pagaranbira Jae dan Julu
    2. Sutan Kumala Huraba —-> Raja di Huraba-Siabu
    3. Sutan Bila todung Api ——> Raja di Simaninggir
    4. Sutan Kumala Siabu ——-> Raja di Siabu

    Oleh sebab itu zaman dahulu antara Huraba, Simaninggir dan Siabu sampai ke perbatasan Bonandolok, secara adat tidak ada batasnya karena mereka abang adik

    Sedangkan Sutan Kumala (Huraba) mempunyai anak 1 yaitu :
    BATARA GURU SOJUANGON.
    Dan Batara Guru Sojuangon ini mempunyai anak 2 :
    1. SUTAN BATANGARI (Wafat di Mekkah)
    2. SUTAN MANDAILING (Istrinya dari Barus)

    Kemudian St. Batangari mempunyai anak 2 Yaitu :
    1. Mangaraja Iskandar
    2. Mangaraja Gunung Sipalis (orang tua dari SUTAN SIMANGANJUR ).

    Jadi sepengetahuan saya yang pertama sekali mendiami kampung Huraba itu adalah Patuan Batangari yang berasal dari Huta siantar yang mempunyai keturunan sampai ke SUTAN SIMANGANJUR .

    Demikian yg bisa saya informasikan mohon maaf kalo seandainya tidak sesuai dengan pendapat sdr benhur 77 dan kpd sdr yg lain mungkin bisa melengkapi/ menyempurnakannya saya ucapkan Mauliate godang.
    Horassss

  35. dewi
    January 4, 2010 at 12:40 pm

    marga siregar ga masuk kedalam marga di mandailing ya,…??

    tp keluargaa orang tua ku brsal dr sana tu…

  36. ahmad parwis nasution
    January 6, 2010 at 12:04 am

    assalamu alaikum wr.wb
    marga saya juga nasution..asal saya dari pasar maga…
    kakek saya bergelar sutan batangari…mungkin sayalah keturunan dari dia…..ingatkan saya untuk mencatat tarombo dirumah ompung saya di bagas godang…..karna sewaktu kecil saya melihat ada catatan silsilah di sana yg di pajang di tembok rumah…semoga bisa membantu para penggemar marga nasution….:)))

  37. Rajani Simatupng
    January 14, 2010 at 2:24 pm

    KASIHAN aku mendengar komentar NASUTION MS,nampaknya posisi marga nasution sdh kehilangan identitas ,dan inilah yg selalu kusampaikan kepada isteriku.Tks

    • ISN
      March 18, 2010 at 8:40 pm

      justru marga tarombo batak yang harus di rombak…..banyak penyimpangan………

  38. why loebis raorao nasution
    February 10, 2010 at 1:58 am

    assalamualaikum wr wb

    sebetulnya asal usul marga di mandailing adalah satu, dan marga tertuanya adalah lubis (levi’s/lewi/louis/loevi) yang berasal dari persia pada 3000 tahun lalu…. , yang datang bersama-sama pasukan Nabi Sulaiman, yang menikahi Ratu Balukis (Ratu Saba) di Ophir (pasaman) tercantum dalam Bibel, surat Abraham. sementara itu marga-marga yang lain pecahannya kemudian, seperti nasution pecah dari pulungan 300 tahun yang lalu, yang sebenarnya karena ingin kawin sesama pulungan, dan pulungan pecah sebelumnya tak lama dari itu bersama-sama tanjung. Dalimunte pecah pada 53 generasi lalu. harahap (Sutan Bugis) dan hutasuhut (sutan borayun) pecah dengan lubis singengu (silangkitang) dan lubis pakantan (singasoro/sibaitang) sekitar 18 generasi lalu, yang merupakan keturunan Namora Pande Bosi (your honest smith), seorang bangsawan cucu Raden Fatah, yang keturunan Bra Wijaya (Luwi (lubis) Jaya (kemenangan)) raja majapahit. Batubara merupakan lubis yang telah lama bermukim di kabupaten batubara (asahan), yang kemudian pulang ke daerah tapanuli. Dalam hal ini marga lubis tertua disebut sebagai lubis raorao, yang tersebar di India, Cina dan tentunya di Asia tenggara..,. dan sering disebut sebagai rao atau raorao yang berasal dari persia. mudah-mudahan kelak penulisan sejarah mandahiling (mandala kalingga) dapat lebih ditulis secara jujur, yaitu tanpa malu disebut kawin semarga…., karena pecahnya marga itu umumnya akibat perkawinan, dulunya wajib memotong kerbau untuk berganti marga. mudah-mudahan propinsi sumatera tenggara cepat terwujud, guna jati diri kaum tapanuli selatan, mandailing natal, asahan dan labuhan batu, yang dahulu dikenal sebagai pusat kerajaan (mandala) Kalingga (Koling, Holing, Hiling, Keleng, Keling), yang pelabuhan besarnya berada di Asahan. Dalam hal ini, kaum melayu mandahiling yang sudah masuk perangkat adat di sumatera barat dan riau (baca sejarah minang dan riau) yang berasal dari minanga tamwan (Huta Binanga), juga merupakan tanah air orang mandailing, yang berlogat minang dan melayu, yang umumnya tak mencantumkan marga lagi (kecuali yang terkenal wartawan dunia muchtar lubis, anak raja di pasaman). memang banyak rahasia soal marga yang tak boleh diungkap, karena nanti membuat bingung…. karena akibat perkawinan juga, orang-orang tua kita suka berganti marga….. hingga kini…. mengenai ritonga dan siregar ada 2 versi, ritonga dan siregar asli mandailing dan yang berasal dari tapanuli utara, begitu juga hasibuan yang merupakan keturunan bangsawan dari pagaruyung (adityawarman) dan hasibuan keturunan sitorus, yang numpang marga (membuat perjanjian keluarga) pada hasibuan keturunan Pagaruyung di sibuhuan (padang lawas), dan banyak pula yang sebelumnya tidak bermarga (menganut paham matrilineal) di tapanuli selatan pada zaman belanda, kemudian masuk marga-marga yang ada…..

    • ISN
      March 19, 2010 at 3:00 pm

      wah rumunasannya kacau banget…..gak ada perhitungan sejarah yang jd rujukan…..mereka-reka at gmn sih…..

      • ISN
        March 19, 2010 at 3:06 pm

        nasution bukan serumpun dengan pulungan……mau fitnah ya…….tarombo nasution antah barantah yang u pake ya…….sutan bugis yang sdr maksud yang jd harahap…….cucu Raden Patah dari hongkong ya….setau saya Arya Damar (duta majapahit) yang ke sumatera….turunannya menjadi sultan palembang darusalam

      • ucok nasti
        October 24, 2012 at 1:39 am

        iya nihhh.tambah bikin pusing aja euy..

      • Wahyu Raorao
        November 29, 2012 at 6:12 am

        berarti ente kurang baca sejarah Mandailing… banyak buku-buku sejarah Mandailing, dan saya pun mendapat cerita sejarah ini dari perpustakaan di LIPI. Tarimo Kasi…

  39. wahyu raorao
    February 12, 2010 at 10:32 pm

    Marga Batu Bara, Daulae & Matondang

    Masih ada marga-marga lain di Mandailing yang kisah asal-usulnya tidak menunjukkan bahwa asal mereka dari Toba. Marga-marga tersebut ialah Batu Bara, Daulae dan Matondang yang berasal dari satu nenek moyang. Tokoh nenek moyang ketiga marga tersebut menurut kisahnya dua orang bersaudara, yakni Parmato Sopiak dan Datu Bitcu Rayo. Sekitar 1560 keduanya bersama rombongan berangkat dari Batu Bara Tanjung Balai menuju kawasan Barumun. Di tempat itu mereka mendirikan kampung bernama Binabo dan di situlah akhirnya Parmato Sopiak meninggal dunia. (Pada 1981 beberapa tokoh marga Daulae, Matondang dan Batu Bara dari Mandailing telah memugar makam Parmato Sopiak yang terletak dekat desa Binabo di kawasan Barumun.)

    Kemudian hari dua orang putera Parmato Sopiak yang bernama Si Lae dan Si Tondang bersama pengikut mereka pindah ke Mandailing dan mendirikan kampung bernama Pintu Padang. Di situlah keturunan mereka berkembang dan bermarga Daulae dan Matondang.

    Datu Bitcu Rayo kemudiannya berpindah ke Mandailing dan mendirikan kampung Pagaran Tonga. Di tempat itu keturunannya berkembang menjadi marga Batu Bara.

    • matondang
      June 14, 2012 at 5:58 pm

      pak wahyu raorao. saya matondang yg besar d jawa. kenapa bapak saya bilang ke pasaribu kakak ya? katanya keluarga dari huta rungkut. kalau ada info lagi ttg matondang pak. saya ingin tau

      • Wahyu Raorao
        November 29, 2012 at 6:24 am

        Begini… di Mandailing, Matondang itu seketurunan dengan Daulai dan Batubara. Bila ada persaudaraan ke Pasaribu, mungkin dahulu keluarga anda pernah mengadakan ‘janjian’ persaudaraan dengan keluarga Pasaribu. Tapi secara umum, Pasaribu akan bersaudara dengan hampir semua marga-marga di Mandailing, karena di Toba sendri, Pasaribu silsilahnya berasal dari Pariaman, Sumatera Barat (baca 2 naskah dari Barus). Saya sendiri karena tahu merunut dari silsilah yang sebenarnya, bisa memakai marga Lubis (jika di Medan), Nasution (jika di Natal), Harahap (jika di Angkola), Tanjung (jika di Kota Padang), dan tak ada yang mempermasalahkannya bila sudah kenal keluarga saya. Jadi kembali ke masalah Pasaribu dengan Matondang, Pasaribu juga dianggap saudara oleh Lubis, Tanjung, Batubara, Parinduri dan hampir semua marga di Mandailing.

  40. dedi batu bara
    February 26, 2010 at 12:47 pm

    horas ma tu sasudena.terutama na adong diperantoan.santabijolo da.saya dedi batu bara.tpt.tgl lhr.batahan kotanopan.berdomisili dimedan.sy pedagang tanaman hias.khususnya tanaman sikas. dan pembuat taman.bila koum2 ada yg minat bs hbgi.sikasantiek@yahoo.com.081397842116.horas ma tu sasudena.trims.dedi batu bara

  41. Sai
    March 31, 2010 at 2:36 am

    Asi inda dong be up date na?

  42. Shamsuddin
    April 27, 2010 at 12:40 am

    Beberapa tahun yang lalu, saya mendapat tahu dari seorang bapa saudara saya, bahawa keluarga kami berasal dari Selatan Mandailing dari puak Batubara.

    Sebenarnya, tidak seorang pun dari anggota keluarga kami pernah menceritakan bahawa datuk nenek kami berasal dari puak Batubara yang mengembara ke Tanah Melayu dan menetap di suatu kawasan bernama Cekus, di Selatan Negeri Perak, Malaysia.

    Besar kemungkinan mereka tidak tahu.

    Saya adalah generasi yang ke empat.

    Apakah mungkin saya mendapatkan maklumat lebih lanjut mengenai “marga Batubara” ini?

    • samsiah sirajab
      October 13, 2010 at 9:27 am

      saya juga mempunyai sejarah yang nenek moyang saya berasal dari mandahiling dan menetap di chekus perak… seingat saya datuk saya bergelar raja jasaide bin Raja bilang. raja yang berhijrah ke Malaysia sebelum penjajahan Jepun di negara ini dan berkahwin dengan seorang perempuan tempatan. saya juga adalah generasi keempat dari keturunan perempuan tempatan itu yang bernama saodah

  43. April 28, 2010 at 9:49 pm

    kenapa IKANAS dimedan ..menjadi almarhum……kira2 masih bisa gak dibentuk lagi….?

  44. Adnan nasution
    April 30, 2010 at 10:13 am

    ass wr. wb.
    au marmarga nasution, tai kurang mamboto silsilah kerjaan2 mandailing, manurut nahubenge ngan dongan2, nasution berasal dari mandailing, sannari au mangido tolong tu dongan2 naison mula mamboto, tolong majolo caritoon silsilah nih marga2 ni kerjaan mandailing dohot asal-muasal na sandia,……

    sakian tarimokasih,………

  45. baharuddinpane
    May 2, 2010 at 3:15 pm

    tu koum sasudena au alak mandailing tapi au marga pane toladehe marsapa marga pane masuk tu ahado pola di mandailing

  46. Hasri Sahran Ritonga
    June 7, 2010 at 2:46 pm

    Komentar utk why lubis Rao-rao:

    Saya tertarik karena anda menyebut marga Ritonga dan Siregar ada 2 versi yaitu Mandailing dan Utara(Toba); dapat saya sebutkan bahwa Ritonga atau Siregar bukan marga mandailing, tapi lebih condong ke Marga Utara, karena Marga Ritonga itu jelas tarombonya dari satu orang (Parisang isang Sahorbangon); jd saya biarpun Islam dan dibesarkan dan lahir di Tapsel tetap berpegang pada Tarombo marga Ritonga yg kebetulan saya generasi ke 16. terima kasih…

  47. sofian
    June 7, 2010 at 4:06 pm

    Pohon kerjasama ahli sejarah kerajaan mandailing untuk menceritakan serba sedikit berkaitan raja-raja mandailing terutamanya yang bernama Raja Billah (bukan yang di Papan Batu Gajah Perak) Beliau dikatakan raja mandailing zaman Belanda, raja yang kedua terakhir. Raja yang terakhir dinuang ke Australia.
    Sekian, terima kasih.

  48. ZALINA
    September 16, 2010 at 9:57 am

    Saya cucu saudara Adam Malik tinggal di Perak. Saya ada salasilah keturunan bermula dari Parmato Sopiak. Ingin tahu kalau sesiapa ada salasilah yang sama untuk dibandingkan. Tk.

  49. Jan
    September 20, 2010 at 10:28 am

    salam. Saya adalah berketurunan Mandailing marga Nasution Jambu disebelah ibu(menurut kata Pak Tua yg masih hidup). Nenek saya Allahyarham Sulaiman datang ke Malaysia pada usia 7 thn mengikut bapa saudara ketika perang(sekitar 1920). Bapa nenek saya Malim Maulana dan datuk nya Malim Putih. Saudara kandung seibu sebapa nenek saya Hj Mohd Taib dan adik berlainan ibu Hjh Mariam yg meninggal di Aceh. Ingin menyambung silatulrahim saudara yg telah lama terpisah. Terima kasih.

  50. Hasri Sahran Ritonga
    October 30, 2010 at 9:13 pm

    Kepada sdr. Wali yg mempertanyakan Marga Ritonga; Marga Ritonga bukanlah termasuk marga Mandailing dan tidak ada sangkut pautnya dgn tarombo Mandailing, Ritonga adalah pecahan dari Siregar.

  51. ci3 Bornas
    December 9, 2010 at 2:52 pm

    ass,,,
    mau tanya nich,boleh gak ?
    konon katanya marga nasution itu berasal dari orang bunian,bener gak sich tuh ?
    thx b4

  52. December 19, 2010 at 2:03 pm

    Saya tidak pernah baca atau dengan Marga Ritonga/Siregar berasal dari Mandailing, mungkin saja ada beberapa marga siregar atau Ritonga tinggal di Mandailing, tapi mereka ini tetap berasal dari Sipirok atau kampung marga Siregar/Ritonga lainnya. Saya sebagai marga Ritonga tidak merasa aneh kalau disebut berasal dari Tapanuli Utara, karena migrasi penduduk dari abad ke abad tetap berlangsung terus.

  53. Naf
    January 1, 2011 at 7:31 pm

    Asslmualaikum wr.wb
    sya nasution dr kturunan mgr enda. Bisa amang terusin silsilahny batara guru siapa aja putra/i nya karna nnti bs dccokkan dgn slslah btak toba, sprtinya ad kaitan nya.

  54. Naf
    January 1, 2011 at 8:02 pm

    Asslmuaalaikum wr.wb

  55. January 9, 2011 at 9:19 pm

    Tp cerita anda blm bs sluruhny menjd rjukan,
    sy jg prnah bc bku klau nasution adlh ktrnan pagaruyung ptra dr ptri rumondang bulan yg dktmukan sutan plungan yg dbri nama si baroar (kandang dbwah rumah) yg mmang beliau dtmptkn dbwah rmh sutan pulungan.
    Jd patuan btng hari dr mana?

  56. January 25, 2011 at 9:45 am

    horas

    melihat silsilah marga di mandailing jadi keingat sama keluarga,
    jadi rindu deh di kampung halaman di sedempuan,
    aku marga nasution,

  57. yuliati sipahutar
    February 16, 2011 at 1:37 am

    Kepada Wahyu Raorao,
    Marga Batu Bara, Daulae & Matondang

    Sedikit masukan, menurut pendapatmu, di Mandailing marga batubara, Daulae dan Matondang berasal dari satu nenek moyang yaitu Parmato Sopiak dan Datu Bitcu Rayo. Hal ini sama saja dengan di Toba, dimana marga Batubara, Daulay dan Matondang berasal dari satu nenek moyang yaitu Raja Borbor. Hanya tokoh nenek moyangnya saja yang berbeda menurut pendapat masing-masing. Di Toba marga ini adalah satu nenek moyang (satu keturunan) dari SI RAJA BORBOR yaitu Putra dari Tuan Sariburaja yang dilahirkan oleh Nai Margiring Laut. Semua keturunannya disebut Marga Borbor.
    Cucu Raja Borbor yang bernama Datu Taladibabana (generasi keenam) mempunyai 6 orang putra, yang menjadi asal-usul marga-marga Bor-bor :
    1. Datu Dalu (Sahangmaima). Keturunan Datu Dalu melahirkan marga-marga berikut :
    1) Pasaribu ( Habeahan, Bondar, Gorat,) BATUBARA.
    2) Parubahaji (Tinendang, Tangkar).
    3) MATONDANG.
    4) Saruksuk, keturunannya Sidamanik, manik, Tambun Saribu, Sinabolak, Gurning Tambosa, Ginting Limbong, Ginting Saribu, Ongkor Daransi, banjarkasi, Kasilan
    5) Tarihoran keturunnanya Tarigan, Ginting, Purba Saribu, Girsang, Saributua, Sigulang Batu, Bangkiang
    6) Parapat
    7) Rangkuti.
    2. Sipahutar, keturunannya bermarga Sipahutar dan DAULAY
    3. Harahap, keturunannya bermarga Harahap.
    4. Tanjung, keturunannya bermarga Tanjung.
    5. Datu Pulungan, keturunannya bermarga Pulungan, Lubis dan Hutasuhut.
    6. Ramberaja keturunannya bermarga Rambe, Sinurat, Bintang, Imargolang

    Perlu diketahui semua Keturunan Raja BORBOR, yaitu keturunan Sariburaja adalah putera ke dua dari GURU TATEA BULAN saling terikat dan tidak boleh saling mengawini, juga dengan keturunan Putera ketiga ( Limbong Mulana), puterakeempat (Sagala Raja) dan putera kelima yaitu Silau Raja (Malau. Manik, Ambarita, Gurning). Nama ikatan keturunanini di beri nama BOBOR MARSADA. Di Toba budaya atau ikatan ini masih dipegang keras.

    • Wahyu Raorao
      November 29, 2012 at 6:09 am

      Kebetulan ibu saya keturunan Tuanku Tambusai dan bermarga Batubara, menolak keterkaitan dengan Toba. Memang benar di Mandailing marga batubara, Daulae dan Matondang berasal dari satu nenek moyang yaitu Parmato Sopiak dan Datuk Bitcu Rayo, tapi bukan seperti paham silsilah di Toba, keturunan Raja Borbor. Parmato Sopiak dan Datu Bitcu Rayo berasal dari keturunan Lubis… itu yang saya tahu dari keturunan ibu saya, dan umumnya Batubara di Mandailing menolak keturunan dari Batak/Toba, seperti halnya keluarga Adam Malik (Batubara) juga lebih menunjukkan keturunan dari Minang. Itu yang saya tahu. Tarimo Kasi.

  58. dondon
    February 18, 2011 at 12:47 am

    horas…!!!
    saya mau tanya ,
    apakah ada larangan marga nasution dan siahaan untuk menikah?

  59. March 4, 2011 at 12:03 am

    horas…………. au tarmasuk nasution tanagodang, na adong di malintang. mangido tolong jolo jelaskon komu asal usul ni tanagodang i sanga sian dia do asal usul na. tarimo kasi parjolo tu koum kahanggi mora doht anakboru nami sasudena.

  60. jan
    April 6, 2011 at 8:15 am

    Saudara Shamsudin dan Saudari Samsiah,
    Kampung Chikus terletak dalam daerah Hilir Perak, berdekatan dengan Pekan Langkap dan Teluk Intan. Boleh dtg kesana melalui Kg Atta Duri Langkap atau Sg Manik, Labu Kubong, Tk Intan. Mmg ramai Mandailing Di Chikus terutama di Parit 8 (jln utama), Parit 9 dan Parit 10.

  61. ROSLI NASUTION
    April 18, 2011 at 9:02 am

    selamat bertemu kembali saudara ISN

  62. May 1, 2011 at 10:36 pm

    horasss dihita sude, molo menurutku ttg sejarah mandailing, cb kita lihat sejarah kerajaan di sumbar dohot sjarah raja sisingamangaraja, mungkin dahulu kala persatuan dan kekeluargaan pd zaman itu sangat kental dan saling bantu, batak mandailing yg berbatasan dng sumbar mayoritas beragama islam sehingga orang batak mandailing yg tinggal disana dominan beragama islam bila dibandingkan dng tanah toba jauh, jadi artinya orang batak krn dekat dng sumbar lebih banyak orientasinya ke sumbar dibandingkan ke arah toba sana, dimana pd masa itu kerajaan yg di sumbar berangkat membantu sisingamangaraja dari sinilah kemungkinan tersebarnya agama islam di orang batak, krn marga adalah sarana silsilah keturunan dri moyangnya biar tdk hilang dan itu salah satu adat orang batak utk mengetahui asalnya dari mana agr tdk terjadi satu aliran darah sampai berumah tangga krn melanggar adat salah satu tujuannya kemungkinan ya itu dia. (sy dari sibaruang)

  63. ramadhan batubara
    May 18, 2011 at 7:04 pm

    horas,,,
    assalamualaikum,,
    aq batubara dari tanjung balai,,
    sedih kali aq di sini,,karena seperti kehilangan jati diri,,
    aq mandailing yang beradatkan melayu asahan,,aq harap,,ada la persatuan batubara berdiri di tanjungbalai asahan,,supaya ada kawan batarombo,,kami sekeluarga cuma tau marga kami batubara,,tanpa tau sejarah moyang kami,,bahasa adat kami,,sedih kali kalau jmpa orang mandailing,tapi kita tak bisa bahasa mandailing,,bagi para saudara semarga,,atau yg peduli dgn kelangsungan adat mandailing di asahan,,mohon bantuan nya,,,

  64. Edy Tiawan Nasution
    June 2, 2011 at 4:42 am

    bagi yang punya tarombo keturunan dari Baginda Tobing Nainjang.,.,.harap bisa memberikan informasinya ke email saya,.,.
    edy_aldyva@yahoo.com

    trimakasih sebelumnya.,.,jaya selalu nasution

  65. muhammad royhan rangkuti
    June 3, 2011 at 9:42 pm

    maju trus mandailing…
    Trutama marga rangkuti…
    Krn saya marga rangkuti…he4x

  66. June 5, 2011 at 12:31 pm

    Horas……….. o, kahanggi……… mengapa blog nya tidak ada lagi yang baru..

    • nasaktion
      August 11, 2011 at 10:56 am

      Maaf kahanggi, insya allah kedepannya akan kita update lagi.

  67. July 8, 2011 at 10:34 pm

    Horas… kahanggi. Saya ada tawaran lain, bagaimana kalau kita ganti judul. Saya baca di http:aksarabatak.wordpress.com bahwa surat Batak sebenarnya berasal dari luat Mandailing. Penapat ini juga dikemukakan oleh Vander Tuuk seorang Belanda pada abad ke-19. benarkah seperti itu.

  68. Ean
    July 16, 2011 at 2:40 pm

    sandia do asalna marga nasution on.?????????(adong mandokkon sian Madina/toba-Balige.?????????????????????????)

  69. aspan azis nasution
    July 21, 2011 at 9:36 pm

    assalamu alaikum ww..
    horas sasudena,……..au sian simaninggir siabu……
    tola do marsapa sanga stambuk nasution sian simaninggir siabu,…?

  70. f4nwar
    October 20, 2011 at 9:51 am

    saya keturunan nasution dari mangaraja endah yang mempunya 12 anak…rumah adat saya di penyabungan jae di sebelah dengan penyabungan tonga atau tempat pertama kalinya kerajaan nasution..kakek saya mangaraja tinanting tuah..dan gelar saya mangaraja tua hamonangan..saya punya silsilah stambuk keluarga saya..setau saya setiap anak dari mangaraja endah di kasih stambuk yang di tulis menggunakan darah,kuburan dari sibaroar tegak lurus ke tangga rumah kerajaan penyabungan tonga.

  71. elfan
    December 12, 2011 at 5:36 am

    Tapi karena sebagian besar warga sudah menjadi Muslim, maka perlu ada kajian hubungan Islam dengan keberadaan adat itu sendiri. Dan salah satu permasalahan ‘besar’ yang cukup berat ialah masalah penambahan nama ‘suku’ atau marga atau nama ‘nenek moyang’ setelah nama dirinya.

    Masalah penambahan nama nenek moyang dan bukan nama orang tua langsung pada nama setiap orang lalu dikaitkan pula dengan hubungan adat dan agama, inilah seyogianya dirasa perlu merujuk pada ajaran Islam itu sendiri. sebagai contoh menururt Al Quran ada suatu kewajiban dalam hal penggunaan nama sendiri ditambahi dan menambah nama ‘orang tua’ atau bapak-nya dan bukan nama atau identitas suku atau marga atau nama nenek moyangnya sendiri, mari kita simak QS. 33:5 sbb.

    Panggilah mereka (anak-anak angkat itu) dengan (memakai) nama bapak-bapak mereka; itulah yang lebih adil pada sisi Allah, dan jika kamu tidak mengetahui bapak-bapak mereka, maka (panggilah mereka sebagai) saudara-saudaramu seagama dan maula-maulamu. Dan tidak ada dosa atasmu terhadap apa yang kamu khilaf padanya, tetapi (yang ada dosanya) apa yang disengaja oleh hatimu. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

    Jika penambahan identitas nama atau suku atau marga dilihat dari kaca mata ajaran Islam, maka sudah nampak kecendrungan ke upaya ‘kesakralan’ atau pengkultusan sesuatu yakni nama suku atau marganya atau nama nenek moyang kita.

    Akibat yang cukup mendasar dari penampakan identitas marga atau suku tersebut adalah dengan adanya ketentuan atau rumusan adat seperti tidak boleh kawin semarga atau sesuku. pada hal dalam Islam tidak ada larangannya seseorang lelaki dengan perempuan yang berasal dari satu marga semacam itu.

    Atau akibat lainnya, kalau seseorang itu belum bermarga karena berasal dari suku lain, lalu akan dikawinkan maka ada suatu kewajibkan baginya untuk dipasangkan atau diangkat menjadi warga suku atau marga tertentu pula.

    Atas dasar sederhana tersebut, maka dirasa sudah perlu untuk kita kaji kembali masalah hubungan adat dengan ajaran agama khususnya Islam. Salah satu contoh penting kita kembali menerapkan identitas nama ‘bapak’ kita secara langsung itu lebih baik dari pada nama ‘nenek moyang’ kita dimana kita tak jelas riwayatnya, Muslim atau bukan.

    • matondang
      June 14, 2012 at 7:16 pm

      kayaknya salah itu paak penyeburan ibn itu harus tapi suku seperti al Quraish, bani hasyimite, bani Adi dll adalah hal yang dilakukan Rasul dan sahabat. apa bedanya dgn marga?

  72. RAJANI simatupang
    December 12, 2011 at 6:43 pm

    Sebaiknya perlu membaca Buku Mangaraja Onggang Parlindungan(Siregar)judul:TUANKU RAO. dari sana sedikit banyak terkuak asal usul marga Nasution dll.Marga Siregar dg segala keturunannya sdh pasti adalah dari Toba.Kelompok marga ini,adalah Marga yg dinamis dr Grup Lontung.Kampung tua mereka di Toba disebut Muara,ke Tapsel ada Muara siregar.Nah utk marga Tanjung,Lubis,Batubara,ada kampung2nya di daerah Porsea/Laguboti yaitu Habinsaran.Bisa dicoba telusuri!!!

    • ucok nasti
      October 24, 2012 at 2:04 am

      maaf bg tupang aku liat di bog sebelah disitu tertulis bhw buku tersebut menggemparkan dan membuat polemik,di jelaskan kembali dalam buku oleh hamka,dgn judul FAKTA DAN KHAYAL Tuanku rao

  73. December 13, 2011 at 4:29 pm

    ooooooooooo amang saya mw nanya siapa2 ya nama marga yang saudara sama kta

  74. Muhammad Rifai SH
    December 31, 2011 at 4:42 pm

    Kami marga Parinduri menurut cerita nenek kami berasal dari Sayur mincat dan kami sudah empat keturunan di Pintu padang angkola jae dan kami kehilangan jejak mengenai sisilah kami tu sude dongan samarga naadong dihuta dohot dipangarantoan au mangido tolong harana sisilah i milik ta marga Parinduri doi sude tolong bagi hamu asa hami marga Parinduri naadong diakkola jae mamboto songon dia do marga parinduri i nasebenarna

  75. January 2, 2012 at 8:02 pm

    masuklah sitambuk aso unang lupa keturunanna jgn malu jd marga hutasut

  76. Ivan Taniputera
    January 5, 2012 at 12:02 am

    Dengan hormat,

    Saya Ivan Taniputera dari Surabaya, sedang menulis buku mengenai sejarah kerajaan-kerajaan di Kepulauan Nusantara. Oleh karena itu, saya memerlukan data sejarah dan silsilah lengkap kerajaan-kerajaan di Tanah Mandailing, seperti Kerajaan Huta Godang, Huta Siantar, Panyabungan, dll. Jika ada yang memilikinya, sudilah kiranya menghubungi saya di ivan_taniputera@yahoo.com, atau telp. 0816658902. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan beribu terima kasih.

    Salam hormat selalu,

    Ivan Taniputera

  77. arafat
    January 25, 2012 at 3:56 am

    saya marga tanjung keturunan tungkat niraja–boleh bagi-2 info kesaya–?

  78. February 17, 2012 at 11:47 pm

    harahap ga masuk bah

  79. February 23, 2012 at 10:05 pm

    ASAL USUL MARGA RANGKUTI dapat diakses di laman: http://marga-rangkuti.blogspot.com/

    Semoga bermanfaat

  80. May 15, 2012 at 11:41 pm

    saudara nasution itu cp sja,,,
    Yg saya dengar ada 4
    1. Siahaan
    2. Simanjuntak
    3. Hutagaol
    4. Nasution
    Jadi siapa sbnrnya ayah dan ibu ke empat marga ini.
    Apa marga ke 4 di atas bersaudara (sedarah)

    • ucok nasti
      October 24, 2012 at 1:40 am

      nambahin 1 lagi bg,ada pohan 1 lg yg saya tau

    • Wahyu Raorao
      November 29, 2012 at 7:05 am

      Nasution itu bila dilihat dari sejarah Sibaroar adalah anak tunggal tak punya saudara, kamu lihat sendiri di silsilah Toba sendiri gak ada hubungan persaudaraan antara Siahaan, Simanjuntak dan Hutagaol, sementara Nasution pun tak pernah ada dalam tarombo mereka sebelumnya… baru baru-baru ini saja ada usaha sekelompok Siahaan untuk mempersaudarakan Nasution ke nasab (tarombo) mereka, supaya bisa dianggap Batak.

  81. June 6, 2012 at 10:31 am

    Why Lubis Rao Rao Nasution : Jangan ada yg bilang Marga Siregar/Ritonga ada Mandailing ada Batak; jelas2 marga Siregar/ Ritonga bukan Mandailing. Siregar dan Ritonga punya silsilah yg jelas dari Siraja Lottung.; sy memang kelahiran Tapsel dan Muslim (bukan Mandailing) tapi harus sy akui sy keturunan Raja Lottung dari Toba.

  82. Azhar Nasution
    June 9, 2012 at 6:02 pm

    Marga Nasution sesuai dgn marga saya Nasution Dia bernama Ja Diaru bukan Sutan Diaru karena dia orang biasa dialah Ompung dari Ompung saya,jadi masih sempat menanyakan ama Ompung cucunya Jadiaru sebelum dipanggil Allah,Ompung kita yg berasal dari Poroman,Bapaknya bernama Lobe Lothif anak dari Ja Diaru kelahiran ditahun sekitar 1840 an Jadi marga Nasution yg pake Sutan ataupun Glr Mangaraja itu krn dia kaya,tanahnya luas begitu kata Ompung kita. Semoga bermanfa’at

  83. Azhar Nasution
    June 9, 2012 at 6:38 pm

    Jadi Nasution yg dr Poroman juga berasal dr Mandailing tp dimananya,yg lebih tau dipersila commennya

  84. June 29, 2012 at 9:49 am

    - Boleh cerita tentang susur galur simanjuntak..? Apa kaitan Simanjuntakjuntak dgn Pohan..?? Saya amat berminat dgn marga saya ini semenjak saya tinggalkan Rantau Perapat 30 tahun dulu. Skrg sudah menjadi warganegara Malaysia.. Isteri org malaysia dgn 4 org anak. Boleh nama anak saya diletak Pohan. Contoh : Mohd. Nazmi Pohan Bin Anuar Pohan. T/kasih..

  85. Ade Putra Lubis
    July 3, 2012 at 10:06 pm

    assalamu’alaikum..
    saya lubis kelahiran kabuparen langkat, tp ayah saya asli kelahiran dan perantauan dr huta godang kec. ulu pungkut-madina bernama Abdul Kholik Lubis, Opung saya bernama Jabinje Lubis dan Abasiah br Rangkuti, cuma mau nambahkan saja dr smua koment yg ada diatas, wlw terjadi adu pendapat dari sana-sini TAPI perlu diingat bahwa Apapun cerita yg kita dapat masing2 dr ortu atau cerita org lain, jangan lah jadi berdebat hebat, pertahankan aja pendapat masing2 tanpa menyudutkan pndapat orang lain, INGATLAH bahwa sejarah bisa hilang dan simpang siur bila turun dari mulut kemulut atau pembawa sejarahnya meninggal atau pun pindah, kecuali ada referensi asli tertulis dan bukti nyata baru bisa kita gariskan kebenaran dari sejarah tentang adat kita ini, ini demi menjaga kebesaran adat kita tanpa perpecahan sedikitpun antar marga, minta maaf bila ada kata2 yg salah dan berlebih,,,, Horassssss

    sekalian kalo ada yg merasa pertalian di keturunan saya harap hubungi saya di lubisadeputra@ymail.com
    trims.. :)

    • Wahyu Raorao
      November 29, 2012 at 7:07 am

      waalaikum salam… pulang kampunglah, tanya silsilah kamu di sana, pasti ada yang masih mencatatnya….

  86. July 5, 2012 at 8:58 am

    - Setuju..!!

  87. wahyu tanjung
    July 24, 2012 at 6:23 pm

    horas ma tu hita sude….
    marga tanjung adong do tarombo na binoto abg i…?

  88. October 22, 2012 at 1:02 pm

    1. As,Wr,Wb, Saya Ibrahim Nasution sangat tertarik dgn situs ini, terasa perlu setelah saya diperantauan (Bekasi), orang tua saya Aman Nst bilang atok saya Busudollah Nasution berasal dari Kota Pinang, kata ortu saya atok itu orangnya berilmu tinggi dimasanya, dan saya bangga, cuma apa benar Nasution juga ada yg berasal dari Kota pinang, yg mengerti mohon penjelasannya.
    2. Kumpulan IKANAS pusatnya dimana, dan ada ga di Bekasi Wassalam.

  89. November 5, 2012 at 9:59 pm

    soal marga on ate

  90. asih
    December 5, 2012 at 3:46 pm

    Saya boleh minta penjelasan sejelas2 nya kenapa bila da pasangan yang perempuan boru Matondang dan yang laki marga Pasaribu tidak boleh nikah??? terima kasih.

  91. asih
    December 5, 2012 at 3:51 pm

    Padan atau janji antar marga

    Dalam suku bangsa Batak, selain marga yang satu nenek moyang (satu marga) ditabukan untuk saling kawin, dikenal juga padan (janji atau ikrar) antar marga yang berbeda untuk tidak saling kawin. Marga-marga tersebut sebenarnya bukanlah satu nenek moyang lagi dalam rumpun persatuan atau pun paradaton, tetapi marga-marga tersebut telah diikat padan (janji atau ikrar) agar keturunan mereka tidak saling kawin oleh para nenek moyang pada zaman dahulu. Antar marga yang diikat padan itu disebut dongan padan.

    Marga-marga yang mempunyai padan khusus untuk tidak saling kawin, anatara lain:

    Sihotang dengan Naipospos (Marbun)
    Naibaho dengan Sihombing Lumban Toruan
    Nainggolan dengan Siregar
    Tampubolon dengan Silalahi
    dan lain sebagainya

    minta penjelasan sejelas2nya atas pernyataan di atas.
    dan “dan lain sebagainya” tu contoh yang lebih banyak nya apa lagi.
    terima kasih banyak
    GBU

  92. December 26, 2012 at 8:55 am

    Mejuah-juah…
    Saya keturunan karo, curang lah ktanya 13 tpi cma bbrapa yg ada

  93. wahyu lubis
    January 18, 2013 at 9:16 am

    sejarah selalu kontroversi,yg penting bgmn kita org mandailing bs memanfaatkn sejerah tsb u. kemajuan peradapan org mandailing khususnya,seperti peradapan atlantis yg pernah ada, ayo mulai spt kuala namu airport dr impian jd kenyataan

  94. elfan
    July 1, 2013 at 1:34 pm

    kalau kita sudah menjadi seorang Muslim, maka apakah masih perlu kita menambah ‘embel-embel’ nama moyang, eyang atau marga atau suku lagi setelah nama kita pribadi? krn yang dianjurkan oleh agama Islam ialah mengabadikan nama setelah nama pribadi kita hanyalah ‘nama’ orang tua yakni nama bapak kandung kita saja (QS. 33:4-5).

    Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

    ليس مِن رجلٍ ادَّعى لغير أبيه وهو يَعلَمه إلاَّ كفر بالله، ومَن ادَّعى قوماً ليس له فيهم نسبٌ فليتبوَّأ مقعَدَه من النار ))، رواه البخاريُّ (3508)، ومسلم (112)، واللفظ للبخاري

    “Tidak ada seorangpun yang mengaku (orang lain) sebagai ayahnya, padahal dia tahu (kalau bukan ayahnya), melainkan telah kufur (nikmat) kepada Allah. Orang yang mengaku-ngaku keturunan dari sebuah kaum, padahal bukan, maka siapkanlah tempat duduknya di neraka” (HR. Bukhari dan Muslim).

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: